Ridwan Kamil-Bima Arya Paling Top

Ridwan Kamil-Bima Arya Paling Top
Bima Arya Sugiarto. Foto: Radar Bogor/dok.JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Dalam sepekan ke belakang, Radar Bogor menggelar executive polling untuk mencari sosok atau pasangan yang tepat memimpin Jawa Barat. Jelang Pilgub Jabar 2018, masyarakat tampaknya merindukan perubahan signifikan.

Nah, dari 100 tokoh besar di kota dan kabupaten Bogor, muncullah beragam pendapat mereka terkait pasangan-pasangan calon yang namanya telah beredar luas. Para tokoh besar yang dimaksud berasal dari rektor perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh bisnis dan tokoh komunitas.

Beberapa nama bakal calon gubernur yang muncul antara lain ustaz kondang Aa Gym, petahana Wakil Gubernur Deddy Mizwar, Bupati Karawang Dedi Mulyadi, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Dengan siapa nama-nama itu dianggap layak berpasangan oleh 100 tokoh Bogor?

Dalam polling ini, ada beberapa alternatif yang ditawarkan. Misalnya, Aa Gym-Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi-Iwa Karniwa, Ridwan Kamil-Bima Arya, Ridwan Kamil-Dessy Ratnasari, Deddy Mizwar-Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi-Ridwan Kamil, Deddy Mizwar-Bima Arya, Deddy Mizwar-Netty Heryawan, Ridwan Kamil-Aa Gym, dan Ridwan Kamil-Asep Ahmad Maoshul Affandy.

Kepada para tokoh, Radar Bogor mengajukan tujuh pertanyaan. Pertama, apakah responden mengetahui bahwa pada 2018 mendatang, Jawa Barat akan menghelat pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur? Jawabannya, sebanyak 93 persen mengaku mengetahui, sedangkan tujuh persen mengaku tidak tahu.

Pertanyaan kedua, menurut responden, seberapa penting Pilgub Jabar untuk dipahami bagi masyarakat Jawa Barat? Sebanyak 98 persen responden menganggap pemahaman pilkada sangat penting, dan hanya satu persen yang menganggapnya tidak begitu penting. Pada pertanyaan ini, satu persen reponden tidak memilih.

Ketiga, dari beberapa nama yang disebut-sebut akan maju sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018, siapa yang paling dikenal responden? Jawabannya, Ridwan Kamil adalah sosok yang paling dikenal. Sebanyak 38 persen responden menyebut nama pria yang karib disapa Kang Emil itu.

Nama berikutnya adalah Aa Gym disebut oleh 20 persen, Dedi Mulyadi sebelas persen dan Deddy Mizwar tiga persen. Tak hanya itu, ada 15 persen responden yang menyebut keempat nama tersebut, dan dua persen tidak memilih siapapun atau mengaku tidak mengenal mereka.

Dalam sepekan ke belakang, Radar Bogor menggelar executive polling untuk mencari sosok atau pasangan yang tepat memimpin Jawa Barat. Jelang Pilgub

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News