Riset G-Comm: Jokowi - Kiai Ma'ruf Ungguli Prabowo - Sandiaga di Medsos

Riset G-Comm: Jokowi - Kiai Ma'ruf Ungguli Prabowo - Sandiaga di Medsos
DEBAT PERDANA: Duet Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno pada debat perdana peserta Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) malam. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Riset yang dilakukan G-Communications (G-Comm) menunjukkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di media sosial.

Berdasarkan riset yang dilakukan pada 1-31 Januari 2019, kata kunci Jokowi-Ma’ruf di pemberitaan yang dibagikan di medsos memiliki tone positif mencapai 84 persen.

Sementara itu, tone negatif hanya 16 persen. Di sisi lain, Prabowo-Sandiaga mendapat tone positif sebesar 77 persen, sedangkan tone negatif mencapai 23 persen.

Direktur G-Comm Andi Irman mengatakan, keunggulan Jokowi-Ma’ruf terjadi akibat munculnya isu-isu negatif yang dialamatkan kepada Prabowo-Sandi.

BACA JUGA: Kalah Simulasi Pilpres 2019, Blusukan Jokowi di Jabar Terkesan Sia-sia

Misalnya, hoaks yang disebar tim Prabowo-Sandiaga. Faktor lainnya ialah sikap pesimistis Prabowo terhadap bangsa.

“Dari hasil riset yang kami lakukan selama Januari memang menunjukkan isu-isu negatif yang disebarkan tim pemenangan pasangan Prabowo-Sandi, selain hoaks dan rasa pesimistis Prabowo, masyarakat di media sosial juga merasa visi dan misi Prabowo tidak jelas saat debat perdana,” kata Andi, Senin (11/2)

Andi menambahkan, ada isu lain yang mencuat di kubu Prabowo-Sandi. Yakni, terkait keterlibatan Prabowo pada kasus HAM dan menyetujui mantan koruptor jadi calon legislatif.

Riset yang dilakukan G-Communications (G-Comm) menunjukkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News