Rita Widyasari Masih Seleksi Calon Pendamping

Rita Widyasari Masih Seleksi Calon Pendamping
Rita Widyasari. Foto: Samarinda Pos/JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Kandidat calon gubernur Kaltim Rita Widyasari sampai sekarang masih menyeleksi calon pendamping.

Setidaknya sudah 10 orang mengantre menjadi calon wakil gubenur pendamping Ketua DPD Golkar Kaltim itu. Diantaranya Andi Sofyan Hasdam, Farid Wadjdy, dan Makmur HAPK.

Di samping itu, Mohammad Djailani dan Awang Ferdian Hidayat. Dalam polling pembaca Kaltim Post (Jawa Pos Group), sederet nama tersebut dinilai memiliki peluang untuk meramaikan bursa kandidat sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) Kaltim.

Lutfi Wahyudi, pengamat politik lokal dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, mengatakan bila ada hasil salah satu lembaga survei menempatkan Sofyan memiliki elektabilitas tertinggi sebagai wakil Rita, itu karena yang bersangkutan sudah lebih dulu melaksanakan sosialisasi ketimbang kandidat lain.

Ditarik ke belakang, Sofyan pernah memimpin Bontang dua periode. Sekalipun dari hitung-hitungan suara, Bontang bukan merupakan daerah yang memiliki basis pemilih yang besar.

“Baliho terpasang di mana-mana sebelum calon lain. Barangkali itu yang membuatnya sudah dikenal masyarakat,” terang dia, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Sekalipun, di baliho tersebut bertuliskan sebagai cagub. Dengan tingkat elektabilitas tinggi, artinya masyarakat sudah mengenal figur Sofyan. Beda halnya dengan Farid. Sosok tersebut merupakan mantan wagub Kaltim 2008–2013.

Dari kriteria calon pendamping Rita, Farid memenuhi, dari senioritas dan bukan politikus. “Kalau benar berpasangan, Rita mengambil kriteria usia dan karena berlatar belakang birokrat, tipikalnya manut dengan pimpinan,” ujarnya.

Kandidat calon gubernur Kaltim Rita Widyasari sampai sekarang masih menyeleksi calon pendamping.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News