Robonaut Siap ke Luar Angkasa

Robonaut Siap ke Luar Angkasa
Robonaut. Foto : NASA
CAPE CANAVERAL - Mimpi NASA (badan antariksa AS) untuk membawa robot android (robot yang berbentuk manusia, Red) ke luar angkasa bakal menjadi kenyataan. Lembaga itu akan menerbangkan robot astronaut, yang dinamai Robonaut 2 atau R2, ke ISS atau International Space Station (Stasiun Luar Angkasa Internasional) pada 1 November mendatang.

 

Rencananya, R2 akan terbang dengan Discovery dan menjadi salah satu di antara tujuh awak pesawat ulang-alik tersebut. Sebelum penerbangan itu, sang robot unjuk kemampuan di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, AS, pada Kamis lalu (12/8) waktu setempat atau kemarin WIB (13/8).

 

Demonstrasi kemampuan R2 berlangsung di depan sejumlah wartawan. Sang robot menyalami para juru warta. Dengan halus R2 memutar dan menggerakkan helm berlapis emas yang menutupi bagian kepalanya ke arah kamera TV. Ulahnya meniru gerakan politisi atau selebriti veteran.

 

Robot mirip manusia itu sepertinya menikmati dan suka menjadi perhatian. Sayang, tidak ada ekspresi wajah atau suara untuk menunjukkan "perasaan" sang robot. "Dia belum berpengalaman dan hanya menginginkan gambar yang baik," kata Ron Diftler, manajer program yang mengubah R2 sebagai calon astronaut, soal gerakan sang robot, seperti dikutip Florida Today kemarin.

 

CAPE CANAVERAL - Mimpi NASA (badan antariksa AS) untuk membawa robot android (robot yang berbentuk manusia, Red) ke luar angkasa bakal menjadi kenyataan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News