Rombongan Muslim Rohingya Mendekat, Malaysia Tingkatkan Patroli

Rombongan Muslim Rohingya Mendekat, Malaysia Tingkatkan Patroli
Pengungsi Rohingya. Foto: AFP

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia memperketat patroli. Mereka mencari sekitar 200 muslim Rohingya yang diyakini tengah berada di lautan dan menuju Malaysia.

Informasi keberadaan pengungsi Rohingya itu didapat dari mereka yang kemarin, Kamis (8/4) mendarat di Pantai Sungai Belati, Perlis, Malaysia.

"Jika kami menemukan mereka di perairan kami, kami akan membawa mereka ke pantai," ujar Kepala Polisi Perlis Noor Mushar Mohamad seperti dikutip AFP. Saat ini belum diketahui apakah rombongan tersebut berangkat dari Bangladesh ataukah Myanmar.

Noor mengungkapkan bahwa kemarin ada 47 orang Rohingya yang tiba di Malaysia. Usia mereka 14-30-an tahun dan seluruhnya laki-laki. Mereka diturunkan sekitar 1 kilometer dari bibir pantai dan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

BACA JUGA: Bangladesh Tak Sanggup Lagi Menampung Rohingya

Pantai tersebut berlumpur sehingga butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di tepi. Enam orang memisahkan diri dan menghilang. Mereka tidak ikut tertangkap.

"Ini jelas pekerjaan sindikat perdagangan manusia yang bekerja sama dengan sindikat lokal," tegas Noor.

Kepada polisi, mereka mengaku membayar MYR 4.000 (Rp 13,8 juta) per orang kepada penyelundup asal Thailand agar bisa dibantu untuk sampai di Malaysia. Mereka datang bersama ratusan warga Rohingya lainnya di perahu yang lebih besar sebelum akhirnya dipindahkan ke perahu-perahu yang lebih kecil di perairan Thailand. Nah, ratusan orang yang belum berhasil mendarat di pantai Malaysia itulah yang kini tengah dicari.

Pemerintah Malaysia memperketat patroli. Mereka mencari sekitar 200 warga Rohingya yang diyakini tengah berada di lautan dan menuju Malaysia.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News