Romi Dibantarkan KPK, Tahanan Lain Cemburu

Romi Dibantarkan KPK, Tahanan Lain Cemburu
Anggota DPR M Romahurmuziy alias Romi di dalam mobil tahanan KPK. Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Langkah Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan pembantaran eks Ketum PPP Romahurmuziy alis Romi, mulai menimbulkan kecemburuan di kalangan tahanan KPK.

Mereka berharap KPK memberikan keringanan yang sama kepada para tahanan, terutama yang tengah sakit.

Pengacara tersangka Muafaq Wirahadi, Hariadi mengatakan pemberian pembantaran Rommy oleh KPK memang tidak mengganggu proses penyidikan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) secara langsung. Namun, pembantaran itu memberi dampak psikologis terhadap tahanan-tahanan KPK, termasuk kliennya.

”Wajar saja kalau ada yang iri. Tentunya kami ingin meminta hak seringan mungkin, apalagi tahanan KPK. Secara psikis, siapa yang nggak down kalau ditahan KPK,” ujarnya kepada Jawa Pos, Selasa (23/4).

BACA JUGA: Langkah KPK Membantarkan Romi Dinilai Misterius

Hariadi mengakui, memang tidak sembarang tahanan mendapat keringanan seperti Romi. Dia mencontohkan mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, yang susah mendapat izin berobat di luar rutan ketika menjadi tahanan KPK. Kala itu, Hariadi merupakan salah satu advokat yang mendampingi Fredrich selama proses hukum di KPK.

Disisi lain, penyidik di KPK sendiri mempertanyakan alasan kenapa pembantaran Romidi Rumah Sakit Polri Kramat Jati yang hingga kemarin belum dicabut. Sebab, berdasar keterangan yang mereka peroleh, Romi tidak mengalami sakit parah yang memerlukan perawatan inap hingga lebih dari dua minggu. ”Sakitnya hanya ambeien,” ujar salah seorang penyidik kepada Jawa Pos.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menegaskan pihaknya tidak akan melakukan proses hukum ketika tahanan mempunyai alasan kuat sedang tidak dalam kondisi fit. Alasan itu yang membuat pembantaran Romi sampai sekarang belum dicabut. ”Kemudian (kalau ditanya) sakit apa? Kami tidak bisa detail lagi,” kilahnya.

Pembantaran terhadap Romahurmuziy alias Romi mulai menimbulkan kecemburuan di kalangan tahanan KPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News