Rumor Proyek Nissan, Antara Kembaran Xpander dan Innova

Rumor Proyek Nissan, Antara Kembaran Xpander dan Innova
Ilustrasi Nissan-Innova. Foto: Autoindustriya/JPNN.com

jpnn.com - Toyota Innova merupakan kendaraan di kelas multi purpose vehicle (MPV) yang cukup diminati, tidak saja di pasar domestik tapi juga mancanegara. Maka, tidak heran jika banyak pemain lain yang ingin berbagi 'kue' di kelas tersebut, salah satunya Nissan.

Melansir Autoindustriya, Kamis (27/9), kabar menarik itu keluar dari Nissan Motors Corporation. Kabarnya, mereka memiliki rencana ingin menghadirkan MPV terbaru yang mirip Toyota Innova. Namun, kehadirannya tidak bisa secepat itu, lantaran mereka harus mempelajari proyek tersebut.

Manajer for Light Commercial Vehicle (LCV) Product Planning Hiroshi Nagasuka, ketika ditanya proyek tersebut tidak mau membeberkan terkait masalah itu. Nagasuka hanya mengatakan dengan singkat, "Iya."

Sejatinya, banyak yang mengetahui bahwa Nissan diam-diam sedang mempekerjakan proyek turunan dari Mitsubishi Xpander melalui aliansi Mitsubishi-Renault-Nissan. Mereka memang ingin memiliki mobil baru yang diperuntukkan untuk bertahan di segmen MPV. Namun, bukan proyek ini yang ditanyakan sehingga dijawab 'iya' oleh Nagasuka.

Dia mengisyaratkan bahwa Nissan dapat memanfaatkan aliansi untuk pengembangan model terbaru, dengan alasan bahwa Renault-Nissan-Mitsubishi adalah kekuatan utama mereka dari perspektif global.

Jika Nissan ingin menyaingi model MPV Toyota, minimal Nissan harus menggunakan platform tiga model. Sayang, pabrikan hanya mempunyai mobil dengan platform body-on-frame untuk dua model seperti Mitsubishi Strada dan Pajero Sport, serta Nissan memiliki Navara dan Terra di Asia Tenggara.

MPV medium-size juga full-size memang menarik perhatian pelanggan terutama di pasar negara berkembang seperti Indonesia, India dan Filipina. Bulan lalu, Nissan Filipina mencatat penjualan terbaik mereka dari Navara dan Terra. (mg9/jpnn)


Selain heboh ditunggu produk baru Nissan dari kembaran Xpander, tersiar juga bahwa mereka ingin mengembangkan MPV medium-size seperti Innova.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News