Rumus 5S dari Oso untuk SMSI

Rumus 5S dari Oso untuk SMSI
Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Auri Jaya menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua DPD Oesman Sapta Odang pada penutupan Rakernas III SMSI di Jakarta, Kamis (26/7). Foto: M Kusdharmadi/JPNN. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang didaulat menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Kamis (26/7) malam. Penutupan rakernas ditandai pemukulan gong oleh Oso -panggilan akrabnya- didampingi Ketua Umum SMSI Auri Jaya.

Oso yang dalam kesempatan itu hadir bersama Wakil Ketua DPR Nono Sampono menunjukkan antusiasmenya pada Rakernas III SMSI. "Sebenarnya mau saya bawa semua dari 34 provinsi tapi takut nanti ruangannya tidak cukup," ujarnya disambut tepuk tangan peserta Rakernas. 

Senator asal Kalimantan Barat (Kalbar) itu mengaku menyempatkan diri menghadiri penutupan Rakernas III SMSI meski harus membatalkan acara di tempat lain. "Saya komitmen, saya sebenarnya ada acara lain di salah satu stasiun televisi, tapi saya bilang tambah jamnya atau saya tidak hadir, karena saya akan menghadiri Rakernas SMSI," ungkap Oso disambut tepuk tangan peserta Rakernas.  

Oso dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya atas kehadiran SMSI. Bagi Oso, SMSI merupakan pekerjaan produk masa depan. 

Menurut Oso, bidang kerja SMSI tentu membutuhkan dan bersinggungan dengan teknologi. "Jangan dikira ini sederhana ya," katanya.

Oso juga berpesan kepada SMSI agar menerapkan prinsip 5S dalam menjalankan roda organisasinya. S pertama adalah strategi untuk membawa arah organisasi menjadi lebih besar.

S kedua adalah struktur. Oso menegaskan, struktur organisasi SMSI harus jelas dan tertata rapi.

Sedangkan S ketiga adalah skill. Jadi, kata Oso, penempatan figur dalam jabatan di organisasi harus benar-benar berdasarkan pertimbangan rasional, bukan berdasarkan suka atau tidak.

Ketua DPD Oesman Sapta Odang berpesan kepada Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) agar menerapkan prinsip 5S dalam menjalankan roda organisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News