Saat Pilpres 2014, Jokowi juga Janji Hapus Unas

Saat Pilpres 2014, Jokowi juga Janji Hapus Unas
Foto Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf - Jokowi terlihat senang ketika menyapa masyarakat Dumai di bundaran Bukit Gelanggang, Kota Dumai, Selasa sore (26/3). Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, JAKARTA - Isu penghapusan ujian nasional (unas) selalu muncul di masa kampanye pemilihan presiden alias pilpres.

Pada Pilpres 2014 lalu Joko Widodo (Jokowi) menyebut bakal menghapus unas jika terpilih jadi presiden. Tahun ini giliran Sandiaga Uno menjanjikan bakal menghapus ujian tahunan itu.

Sejumlah kalangan khawatir rencana penghapusan unas, oleh Sandiaga Uno itu hanya ganti kulitnya saja. Diantaranya disuarakan oleh penggagas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Muhammad Nur Rizal.

Menurut dia kalau memang menghapus unas atau UNBK (ujian nasional berbasis komputer) harus sungguh-sungguh.

BACA JUGA: Hapus UN, Jokowi Mendulang Suara Anak Muda dan Guru

’’Jangan hanya ganti baju saja. Tetapi ujungnya tetap ada ujian tahunan itu,’’ katanya di sela pelatihan para kepala sekolah dan guru terkait implementasi GSM di Tangerang Selatan, Rabu (27/3).

Dia menuturkan selama ini unas mengalami perubahan nama. Mulai dari ebtanas, ujian akhir nasional (UAN), serta nama-nama lainnya.

Menurut Rizal selama ini dengan adanya unas, kegiatan belajar mengajar hanya tertuju untuk ujian tahunan tersebut. Sementara dalam dunia pendidikan, peran sekolah tidak sebatas menyiapkan murid untuk sukses menghadapi unas.

Janji akan menghapus ujian nasional alias unas menjadi dagangan isu setiap menjelang pilpres, termasuk Jokowi di Pilpres 2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News