Sabar ya...Tambahan Kuota Haji Provinsi Masih Dihitung

Sabar ya...Tambahan Kuota Haji Provinsi Masih Dihitung
Calon jamaah haji. Ilustrasi Foto: Sutan Siregar/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Agama RI masih menghitung penambahan kuota calon jamaah haji setiap provinsi yang akan diberangkatkan tahun ini.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pada prinsipnya kuota haji 2017, di setiap provinsi kembali kepada porsi lama.

Yaitu sebelum pemotongan 20 persen, plus penambahan 10 ribu dari Kerajaan Saudi Arabia (KSA).

Namun, berapa jatah masing-masing provinsi masih dalam penghitungan Kemenang.

"Tambahan 10 ribu akan didistribusikan sesuai dengan pendekatan proporsionalitas, tergantung proporsi dari masing-masing provinsi itu," ujar Lukman, di Istana Merdeka, Selasa (17/1).

Dalam pendistribusian tambahan kuota 10 ribu tersebut, pemerintah tidak melihat lamanya daftar tunggu masing-masing daerah, tapi berpatokan pada jumlah umat muslim di sana.

Sehingga, penambahan tiap daerah akan bervariasi.

"Tentu kita tidak bisa memukul rata setiap provinsi. Yang jelas masing-masing provinsi mendapatkan kuota sesuai dengan proporsinya masing-masing," jelasnya.

Dia menambahkan, pendistribusian tambahan 10 ribu kuota haji, didasarkan aspek proporsionalitas, mengacu jumlah ummat muslim pada daerah tersebut.

Kementerian Agama RI masih menghitung penambahan kuota calon jamaah haji setiap provinsi yang akan diberangkatkan tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News