Salah Satu Anak Kembar Cynthia Lamusu Nyaris Buta

Salah Satu Anak Kembar Cynthia Lamusu Nyaris Buta
Cynthia Lamusu bersama bayi kembarnya. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Kabar tak mengenakkan datang dari pasangan Surya Saputra dan Cynthia Lamusu. Salah satu dari anak kembarnya, Bima mengalami sakit mata serius.

Bima bahkan harus menggunakan kacamata karena penyakit mata bawaan karena lahir prematur.

Melalui unggahan di akun Instagram TatjanadanBima, Cynthia Lamusu menceritakan penyakit yang diderita putranya itu.

Menurut penuturannya, Bima mengidap penyakit ROP (retinopathy of prematurity) yang bisa menyebabkan kebutaan.

"#BIMA kok Pakai Kacamata...? Itu Kacamata Gaya-gayaan Aja Atau Kacamata Beneran..? Semua Sudah Tau ya... Kalau @tatjanadanbima Terlahir Prematur di usia Kandungan saya baru 33 minggu (harusnya yang normal minimal 37 minggu ) Naaah.... bayi Prematur itu sangat Berisiko terkena ROP (Retinopathy of prematurity). Apa Itu ROP atau retinopati prematuritas....? Adalah gangguan mata yang berpotensi membutakan," tulis Cynthia Lamusu.

"Kondisi ini terutama terjadi pada bayi prematur dengan berat sekitar 1250 gram atau kurang, yang lahir sebelum minggu ke-31 kehamilan (jangka waktu kehamilan yang dianggap cukup bulan adalah 38-42 minggu). Semakin kecil bayi ketika lahir, semakin besar kemungkinannya untuk terkena ROP. Gangguan ini—yang biasanya mengenai kedua mata—adalah salah satu penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan pada usia dini dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan seumur hidup dan kebutaan.)," imbuh istri Surya Saputra ini.

Lahir prematur, salah satu anak kembar Cynthia Lamusu dan Surya Saputra nyaris mengalami kebutaan karena mengidap penyakit mata bawaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News