Sambut Raja Salman, Bandara Ngurah Rai Bentuk Posko

Sambut Raja Salman, Bandara Ngurah Rai Bentuk Posko
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Komunitas Penerbangan di Indonesia siap menyambut dan melayani dengan baik kunjungan rombongan besar dari Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Jakarta dan Bali pada tanggal 1-9 Maret 2017 nanti.

Menurut Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio dalam keterangan tertulisnya, penyambutan dan pelayanan akan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku pada bidang penerbangan untuk tamu negara VVIP. “Baik di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Ngurah Rai, Bali,” jelasnya seperti dilansir Bali Express (Jawa Pos Group).

Khusus untuk Bandara Ngurah Rai, saat ini telah dibentuk pos koordinasi (posko) yang dikoordinasikan oleh TNI AU terkait kegiatan penyambutan rombongan VVIP tersebut. Posko tersebut beranggotakan PT. Angkasa Pura I (Pengelola Airport), AirNav Indonesia, TNI AU, Otoritas Bandar Udara (OBU) dan Kepolisian RI.

Untuk parkir pesawat, Bandara Ngurah Rai dikatakannya juga telah melakukan rekayasa parkir untuk pesawat-pesawat rombongan tersebut yang terdiri dari 4 pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, 2 pesawat Boeing B777 dan 2 pesawat C-130 Hercules.

“Untuk pesawat VVIP Raja akan diparkir dan menginap di tempat parkir (parking stand) B27. Sebagai alternatif, pesawat VVIP tersebut juga bisa ditempatkan di tempat parkir B17,” lanjutnya.

Sedangkan pesawat pendukung akan diparkir di tempat parkir B22-B26. Jika menginap, pesawat pendukung akan ditempatkan di Apron Selatan atau dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Juanda, Surabaya untuk 2 pesawat C-130 Hercules akan ditempatkan di tempat parkir B28-B29.

Menurut Agoes, pengaturan parkir tersebut perlu dilakukan karena sebagian besar pesawat tersebut berjenis badan besar (widebody). Dengan pengaturan parkir yang baik, diharapkan tidak mengganggu operasional sehari-hari pesawat di Bandara Ngurah Rai tersebut. Dengan demikian keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan penumpang reguler tetap terpenuhi dengan baik.(gek/fri/jpnn)


Komunitas Penerbangan di Indonesia siap menyambut dan melayani dengan baik kunjungan rombongan besar dari Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin langsung


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News