Samsung Bersiap Menemani Qualcomm Sebagai Produsen Modem 5G

Samsung Bersiap Menemani Qualcomm Sebagai Produsen Modem 5G
Samsung segera memproduksi modem 5G - Exynos. Foto: Samsung

jpnn.com - Menyambut era jaringan 5G, Samsung Electronic mengambil langkah agresif dengan memproduksi modem Exynos 5G secara massal. Dengan demikian, Samsung akan langsung berhadapan dengan pemain tunggal Qualcomm, sebelumnya menjadi produsen satu-satunya modem 5G untuk ponsel berbasis  Android.

Samsung sendiri akan memproduksi chips Exynos Modem 5100. Diketahui, modem tersebut memiliki chipset modem multi mode 5G. Modem itu kabarnya akan dipasang di Galaxy S10.

BACA JUGA: Samsung Perluas Kemampuan 2 Cipnya di Mobil Pintar

Selain itu, Samsung juga memproduksi model 5G pertama di dunia yang compatible dengan standar 5G New Radio (5G-NR) 3GPP. Mereka baru saja akan mendistribusikannya pada Agustus akan datang.

Tak ketinggalan, mereka juga sudah memproduksi massal transceiver frekuensi radio chip tunggal, Exynos RF 5500 dan solusi pasokan modulator, Exynos SM 5800. Kedua model ini juga akan dipasang di perangkat 5G milik Samsung.

Exynos RF 5500 disebutkan memiliki 14 jalur penerima untuk unduhan, menggunakan 4x4 MIMO (Multiple-Input, Multiple-Output), dan skema 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation) tingkat tinggi untuk transfer data dalam jaringan 5G.

Kemudian ada juga peningkatan performa di bagian daya. Modem tersebut akan memiliki daya 30 persen lebih efisien dari pada model generasi sebelumnya. Tentu, hal ini akan membantu perangkat dapat berjalan lebih hemat.

Ketiga chip semuanya mendukung spektrum 5G-NR sub-6-gigahertz (GHz) dan teknologi akses radio lawas. Meski telah memiliki modem 5G sendiri, namun beberapa perangkat Galaxy S10 5G yang dijual di luar Korea Selatan akan menggunakan modem Qualcomm X50. (mg9/jpnn)


Samsung Electronic mengambil langkah agresif dengan memproduksi modem Exynos 5G secara massal. Dengan demikian, Samsung akan langsung berhadapan dengan pemain tunggal Qualcomm, sebelumnya menjadi produsen satu-satunya modem 5G untuk ponsel berbasis Andro


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News