Satgas Ops Pamtas Laut Koarmatim Gelar Tactical Game

Satgas Ops Pamtas Laut Koarmatim Gelar Tactical Game
peserta Latihan Pra Tugas (Latpratugas) Satuan Tugas (Satgas) Operasi (Ops) Pengamanan Terbatas (Pamtas) Laut Koarmatim melaksanakan Tactical Game (TG) di Ruang Cubicle, Gedung Puslatlekdalsen Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Selasa (17/1). FOTO: Dispen Koarmatim

jpnn.com - jpnn.com - Menjelang pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) pada tanggal 19-21 Januari 2017, peserta Latihan Pra Tugas (Latpratugas) Satuan Tugas (Satgas) Operasi (Ops) Pengamanan Terbatas (Pamtas) Laut Koarmatim melaksanakan Tactical Game (TG) di Ruang Cubicle, Gedung Puslatlekdalsen Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Selasa (17/1).

Tactical Game bertujuan untuk mematangkan kemampuan tempur dalam rangka pengamanan perbatasan wilayah laut Philipina - Indonesia (Philindo) dan Malaysia - Indonesia (Malindo),

Wakil Komandan Latihan (Wadanlat-1) Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo menyaksikan kegiatan Tactical Game Latpratugas Ops Pamtas Laut Koarmatim 2017. Ariantyo yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim juga mengecek seluruh kesiapan fasilitas komunikasi antar unsur-unsur yang terlibat latihan.

Di sela-sela latihan simulator tersebut, Wadanlat-1 menyampaikan bahwa Latpratugas Ops Pamtas Wilayah Laut Malindo dan Philindo, Koarmatim menyiapkan unsur-unsur yang akan ditugaskan dalam operasi pamtas tersebut. Sehingga persoalan pelanggaran hukum dapat diantisipasi oleh unsur-unsur TNI AL yang bertugas, seperti penegakkan hukum di laut berupa pelanggaran illegal logging dan pelanggaran hukum yang bersifat ilegal lainnya.

Sedangkan yang kedua adalah penegakkan kedaulatan dimana terdapat pelanggaran wilayah. Hal ini merupakan latihan penindakan terhadap permasalahan pembajakan yang terjadi kepada kapal-kapal niaga.

Berdasarkan siaran pers Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, unsur-unsur yang terlibat dalam acara ini, di antaranya, permukaan yaitu KRI Ahmad Yani (AMY) – 351, KRI Fatahillah (FTH) – 361, KRI HIU – 634, KRI Ajak – 653, KRI Nanggala – 402, KRI Tongkol (TKL) – 813, KRI Sura (SRA) - 802, Heli BO, Cassa 212 dan CN 235. Juga 1 Pleton Marinir dan Dua Tim Satkopaska Koarmatim. Selain itu, mekanisme dalam latihan ini terdiri dari 2 fase yaitu fase di darat dan fase di laut.

Turut menyaksikan kegiatan TG tersebut, Komandan Puslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Eko Joko Wiyono, Dansatgasla Letkol Laut (P) Setiawan, Pasops Lat 1 Letkol Laut (P) Seno Ario Wibowo, para Komandan KRI, dan para peserta Latpratugas Satgas Ops Pamtas Laut Koarmatim yang terlibat latihan.(fri/jpnn)


Menjelang pelaksanaan Manuver Lapangan (Manlap) pada tanggal 19-21 Januari 2017, peserta Latihan Pra Tugas (Latpratugas) Satuan Tugas (Satgas) Operasi


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News