Sawah Terendam Banjir, Petani Lampura Gagal Panen

Sawah Terendam Banjir, Petani Lampura Gagal Panen
PETANI MERUGI: Salah seorang petani asal Desa Kagunganraya, Kecamatan Abung Selatan, menunjukkan lahan miliknya yang ditanami padi terendam banjir, kemarin (12/3). FOTO FAHROZY IRSAN TONI/RADAR LAMPUNG/jpg

jpnn.com, LAMPUNG - Banjir yang melanda Lampung Utara (Lampura) menyebabkan sejumlah petani setempat merugi akibat gagal panen. Belasan hektare lahan padi yang siap panen terendam banjir hingga ketinggian 50 sentimeter.

Akibatnya, padi hanyut dan petani terpaksa gigit jari.

Handoyo, 51, petani asal Desa Kagunganraya Kecamatan Abung Selatan mengatakan, lahan miliknya seluas satu hektar yang ditanam padi terendam banjir.

“Padi sudah menguning dan siap panen. Tapi banjir meredamnya. Saya tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau rugi sudah pasti. Tapi mau kayak mana lagi,” keluhnya kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group), kemarin (12/3).

Senada dikatakan Yanto, 43, petani asal Desa Banjar Agung, Kecamatan Abung Timur. Dia menerangkan, lahan padi yang berada di bantaran Wat Batanghari miliknya kurang lebih satu hektar juga terendam banjir. Ini karena Way Batanghari meluap paska hujan lebat akhir-akhie ini.

Air memang udah surut, tapi padi yang sudah siap panen tidak bisa diselamatkan lagi. Sebab padinya tertutup lumpur dan ketika dicek bulirnya sudah membusuk. Jadi padi saya gagal panen,” sebut pria tiga anak itu.

Pantuan Radar Lampung, selain padi, terdapat pula lahan singkong yang terendam banjir. Seperti dialami Wahyudin, 42, petani singkong asal Desa Penagan Ratu, Kecamatan Abung Timur. Dia mengaku merugi sekitar Rp 22 juta.

“Akibat banjir sebagian singkong yang saya tanam di lahan seluas tiga hektar harus dipanen lebih awal. Sebagian lagi membusuk dan tidak dapat diselamatkan,” terang pria berperawakan kekar ini. Menurut Wahyudin, tanaman singkong tidak bisa bertahan lama jika terendam air. Lebih

Banjir yang melanda Lampung Utara (Lampura) menyebabkan sejumlah petani setempat merugi akibat gagal panen. Belasan hektare lahan padi yang siap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News