SBY Harus Tunjukkan Ketegasan

SBY Harus Tunjukkan Ketegasan
SBY Harus Tunjukkan Ketegasan
JAKARTA - Munculnya pemberitaan The Age yang mengutip bocornya kawat diplomatik oleh wikileaks, beberapa waktu lalu, merupakan warning bagi pemerintahan SBY. Guru besar ilmu politik UI Iberamsjah menilai ketegasan seorang pemimpin dalam mengambil sikap menjadi kunci segalanya.

Iberamsjah menganggap, saat ini, energi SBY harus segera dialihkan dari sekedar upaya pencitraan. Membentuk kepemimpinan yang kuat dan tegas harus menjadi fokus utama. "Sebab, negeri yang kuat itu karena pemimpinnya juga kuat," tegasnya, di Jakarta, Sabtu (27/3).

Menurut dia, pemberitaan The Age merupakan tamparan terhadap harga diri bangsa. Sebagai negeri besar, pihak asing seharusnya berhati-hati dan berpikir beberapa kali sebelum menyinggung sosok sang pemimpin. "Tapi realitanya, mereka bangsa asing malah seenaknya berani mengobok-obok negeri ini," ujarnya.

Dia menyarankan, pertama yang harus dilakukan adalah menyelesaikan berbagai persoalan di dalam negeri. Dengan mengedepankan sikap tegas sebagai pemimpin. "Kalau di dalam negeri sudah mampu menunjukkan ketangguhan dan ketegasan, orang lain (bangsa lain, Red) juga akan segan kalau mau mengolok-olok," imbuhnya.

JAKARTA - Munculnya pemberitaan The Age yang mengutip bocornya kawat diplomatik oleh wikileaks, beberapa waktu lalu, merupakan warning bagi pemerintahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News