Sebelum Sidang Kasus e-KTP, Teguh Juwarno Bilang...

Sebelum Sidang Kasus e-KTP, Teguh Juwarno Bilang...
Teguh Juwarno. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan anggota Komisi II DPR Teguh Juwarno tiba di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, Kamis (23/3) pagi. Politikus PAN itu hadir memenuhi panggilan JPU KPK menjadi salah satu saksi dalam sidang kasus korupsi e-KTP.

Sebelum sidang dimulai, Teguh membantah menerima aliran korupsi e-KTP sebagaimana tercantum dalam dakwaan JPU. "Tidak (terima). Nanti klarifikasi sama seperti yang sudah saya sampaikan. Nanti akan saya sampaikan di dalam," kata Teguh kepada wartawan.

Politikus PAN itu juga membantah tidak ikut membahas proyek e-KTP bersama pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Tidak pernah. Nanti akan saya jelaskan ke persidangan. Saya bawa semua data pendukung," tegasnya.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi mendakwa dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Irman serta Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil Kemendagri Sugiharto didakwa melakukan tindak pidana korupsi dalam penganggaran dan pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) tahun anggaran 2011-2012.

Irman dan Sugiharto didakwa melakukan perbuatan melawan hukum dalam proses penganggaran dan pengadaan e-KTP yaitu dengan telah mengarahkan untuk memenangkan perusahaan tertentu. Perbuatan keduanya menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 2,3 triliun.

Irman dan Sugiharto didakwa melakukan korupsi bersama-sama Penyedia Barang dan Jasa pada Kemendagri Andi Agustinus alias Andi Narogong, Isnu Edhi Widjaya selaku Ketua Konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni, Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto, dan Ketua Panitia Pengadaan Barang/Jasa di Ditjen Dukcapil Kemendagri Drajat Wisnu Setyawan.

Adapun Teguh Juwarno disebut menerima aliran uang e-KTP sebesar USD 167.000. (put/jpg/jpnn)


Mantan anggota Komisi II DPR Teguh Juwarno tiba di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, Kamis (23/3) pagi. Politikus PAN itu hadir memenuhi panggilan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News