Sedikit Ngawur, Kebijakan Trump Berpotensi Jadi Senjata Makan Tuan

Sedikit Ngawur, Kebijakan Trump Berpotensi Jadi Senjata Makan Tuan
Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com - Terkadang kebijakan tegas dan sedikit kejam memang diperlukan. Terutama dalam kasus-kasus ekstrem. Namun, kebijakan ekonomi Trump yang agresif bisa dibilang sedikit ngawur. Bisa-bisa kaki AS sendiri yang pincang karena peluru nyasar. Senjata makan tuan.

Tanda-tanda itu sudah muncul bulan lalu. Kementerian Ketenagakerjaan AS melaporkan bahwa lowongan baru yang muncul pada Mei 2018 hanya 75 ribu pekerjaan. Jauh dari angka capaian April yang mencapai 224 ribu pekerjaan.

''Perlambatan ekonomi akibat perang dagang sudah terlihat di industri padat karya seperti manufaktur, konstruksi, tambang, atau kehutanan,'' ujar Martha Gimbel, direktur penelitian Hiring Lab dari Indeed.com, kepada Washington Post.

Para pebisnis memang suka dengan kesempatan. Namun, mereka juga menganggap penting aspek kestabilan. Karena itu, Trump bukan kepala negara favorit mereka.

BACA JUGA: Trump Ancam Luncurkan Perang Dagang dengan Meksiko

Aksi Trump sering kali tidak terduga. Mereka pun tidak bisa merencanakan usaha jangka panjang. ''Bagaimana bisa Anda mengumumkan perang dagang dengan salah satu rekan ekonomi terbesar. Padahal, Anda sedang berperang dengan rekan besar lainnya,'' ujar Direktur MacKay Shields Michael DePalma.

Namun, kubu Trump terus menyangkal risiko-risiko yang dipaparkan pengamat. Soal melambatnya kinerja industri, Penasihat Ekonomi Gedung Putih AS Kevin Hassett mengatakan bahwa faktor cuaca buruk penyebabnya.

''Banyak yang bilang perang dagang ini punya dampak buruk. Seharusnya mereka fokus pada kesepakatan dagang yang akan diciptakan,'' ujar Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin. (bil/c15/dos)


Terkadang kebijakan tegas dan sedikit kejam memang diperlukan. Terutama dalam kasus-kasus ekstrem. Namun, kebijakan ekonomi Trump yang agresif bisa dibilang sedikit ngawur


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News