Sehari Penuh Belajar Pendidikan Karakter

Sehari Penuh Belajar Pendidikan Karakter
Guru mengajar di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Mulai semester depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengalokasikan waktu sehari penuh untuk pembelajaran pendidikan karakter di sekolah.

Ditemui usai rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan, pendidikan karakter ini ditekankan untuk memperkuat pendidikan moral Pancasila. Dengan begitu, karakter anak bisa dibentuk sejak dini.

Dari penjelasan yang disampaikan, nantinya program pendidikan karakter ini hanya merupakan sistem yang mengatur beberapa komponen.

Salah satunya, mata pelajaran PPKN yang di dalamnya terdapat pendidikan bela negara.

Untuk implementasinya, Kemendikbud berencana mengalokasikan waktu satu hari full untuk program ini.

Muhadjir mencontohkan, untuk pembelajaran siswa SD misalnya.

Murid akan diajari mata pelajaran PPKN dengan banyak variasi kegiatan. Tak melulu materi di kelas dengan guru yang menjelaskan di depan.

”Satu hari itu bisa diisi yang lain. Misal, ada proyek yang harus dikerjakan berkelompok bertema bela negara. Ini bisa dilakukan melalui seni peran yak an. Intinya tidak melulu di dalam kelas,” papar Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu di Jakarta, kemarin (16/1).

Mulai semester depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengalokasikan waktu sehari penuh untuk pembelajaran pendidikan karakter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News