Sejarah Jalur Rempah Nusantara dalam Dunia Fashion

Sejarah Jalur Rempah Nusantara dalam Dunia Fashion
Rempah-rempah. Foto: Public Domain.

jpnn.com - DIINSPIRASI sejarah bangsa ini, Elfi Lila seorang disainer dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) meluncurkan karya terbarunya "Jalur Rempah Nusantara", di Clove Hotel, Dago Atas, Bandung, 11 Januari 2017.

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Di sekolahan, guru sejarah mengajarkan, "Belanda menjajah Indonesia ribuan tahun karena rempah-rempah." Masih ingat pelajaran itu?

Olah pikir kanak-kanak kadang mempertanyakan, masa sih bumbu dapur itu yang membuat penjelajah dari berbagai negeri melaut tanpa peta mencari kepulauan rempah…negeri yang hari ini bernama Indonesia?

Masa iya, rempah-rempah Indonesia penyebab perang antara Spanyol, Portugis, Inggris dan Belanda? Dan setelah memenangkannya, Belanda memberi negeri ini nama Nederlands Indie…Hindia Belanda?

Ah! Penyedap masakan itu penyebab Indonesia dijajah ribuan tahun? 

Pesona Rempah

Begitulah fakta sejarahnya. Zaman dahulu kala, hingga Abad Pertengahan, rempah adalah komoditi pasar "termahal" di dunia.   

DIINSPIRASI sejarah bangsa ini, Elfi Lila seorang disainer dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) meluncurkan karya terbarunya "Jalur Rempah Nusantara",

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News