Sejumlah Bandara Mengalami Lonjakan Penumpang

Sejumlah Bandara Mengalami Lonjakan Penumpang
Ilustrasi. Penumpang di bandara sedang menunggu pesawat tiba. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pertumbuhan penumpang angkutan udara pada masa angkutan Lebaran 2017 diprediksi bakal melebihi perkiraan semula yaitu sebesar 9 persen.

Dijelaskan Budi, di sejumlah bandara telah terjadi lonjakan jumlah penumpang yang signifikan hampir dua kali lipat dibanding pada masa angkutan lebaran tahun lalu.

"Saya gembira di udara pertumbuhan (penumpang) sesuai dengan prediksi kami yaitu 9 persen, bahkan lebih tinggi," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Beberapa tempat sambung Budi, ada yang tumbuhnya luar biasa, di Bandara Solo hampir dua kali lipat, Bandara Pontianak 35 persen.

"Begitu juga terjadi di Bandara Pekanbaru, Palembang, Halim, Ujung Pandang itu naik sekali," jelasnya.

Menurut Budi, angkutan udara saat ini bisa menjadi moda angkutan alternatif pilihan dengan fasilitasnya sudah maksimal dibanding moda angkutan lain.

Terkait keterlambatan penerbangan, tahun ini pihaknya telah mengantisipasi dengan menambah waktu operasional sejumlah bandara menjadi 24 jam selama masa angkutan Lebaran.

Selain untuk mengantisipasi delay, penambahan jam operasi bandara ini dilakukan untuk menambah kapasitas penumpang angkutan udara.(chi/jpnn)


Pertumbuhan penumpang angkutan udara pada masa angkutan Lebaran 2017 diprediksi bakal melebihi perkiraan semula yaitu sebesar 9 persen.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News