Kamis, 23 Maret 2017 – 21:24 WIB

Sejumlah Kada Hadiri Seminar Inovasi Pelayanan Publik

Selasa, 21 Maret 2017 – 18:18 WIB
Sejumlah Kada Hadiri Seminar Inovasi Pelayanan Publik - JPNN.COM

Seminar sehari akan dibuka oleh Menteri PANRB Asman Abnur. Foto: Humas Kemenpan RB/dok.JPNN.com

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bekerja sama dengan Open Data Labs, World Wide Web Foundation, dan Open Government Indonesia dengan dukungan Ford Foundation, Kementerian PANRB menyelenggarakan Seminar dan Pameran “Innovation in Public Services through Open Data: Learning from Indonesian Cross Sectoral Champions.”

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, seminar sehari yang berlangsung Rabu tanggal 22 Maret 2017 itu akan dibuka oleh Menteri PANRB Asman Abnur.

“Selain seminar juga digelar pameran yang menampilkan dokumentasi, praktik, dan presentasi audio visual,” ujarnya di Jakarta, Selasa (21/03).

Sejumlah kepala daerah dijadwalkan akan tampil sebagai nara sumber, antara lain Walikota Bandung Ridwan Kamil, Walikota Pontianak Sutarmidji, dan Bupati Batang.

Selain itu, Dirjen Anggaran, Dirjen Haji Kementerian Agama, Sekda DKI Jakarta, serta Direktur Eksekutif FITRA.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan, gerakan open data di tingkat global memiliki popularitas yang tinggi, terutama semenjak diluncurkannya International Open Data Charter1 2013, yang menghasilkan rujukan bersama mengenai praktik open data untuk manfaat ekonomi dan sosial.

Selain itu, peran Indonesia sebagai inisiator Open Government Partnership tahun 2013/14 telah menarik perhatian tidak hanya di tingkat lokal tapi juga di tingkat internasional, terutama menyangkut kebijakan dan praktik open data di dalam negeri.

Indonesia sendiri telah memiliki Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang menjamin hak masyarakat untuk mengakses informasi publik.