Sekali Usulkan Nasi Padang, Dua Tiga Tujuan Terlampaui

Sekali Usulkan Nasi Padang, Dua Tiga Tujuan Terlampaui
Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - PADANG - Keputusan untuk mendorong Nasi Padang masuk sebagai nominator World’s Best Halal Culinary Destination 2016 sudah sangat tepat. Brilian. 

Pertama, masakan khas dari Sumatera Barat, termasuk di dalamnya ada rendang, sudah mendunia dan pernah dinobatkan sebagai masakan paling lezat di dunia versi CNN Travel. Kedua, taste atau rasanya sudah memenuhi selera  internasional.

“Lalu ketiga, masakan ini biar tidak diklaim oleh Negara tetangga dan dipromosikan di mana-mana sebagai makanan asli sana,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, yang terus mendukung 12 nominator yang lolos 5 besar itu, terus mendapatkan vote dari masyarakat Indonesia. 

Kuliner khas Sumatera Barat ini berpotensi menang di ajang World Halal Tourism Award 2016 dan semakin memperkuat brand Sumbar sebagai destinasi halal dunia.

Ketua Akademi Gastronomi Indonesia, Vita Datau Messakh, yang juga masuk dalam tim pemenangan #WHTA2016 ini juga sepakat untuk mendorong Nasi Padang sebagai kuliner halal nomor satu di dunia. Kalau soal halal karena materi dagingnya, tidak perlu diragukan, karena rendang itu berasal dari daging sapi, di negara mana saja mudah mencarinya. Bumbu-bumbunya itulah yang membuatnya semakin khas, dan kuat.

“Kalau soal kuliner, Sumatera Barat memang harus diakui, salah satu jagoan kuliner dunia,” kata Vita, Minggu (13/11). 

Rendang, sudah membuktikan pengakuan dunia dan dirilis CNN Travel, dengan menobatkan masakan itu sebagai World’s 50 Best Foods dan dilaunching sejak 21 Juli 2011. Dari skala 1-50, rendang Sumatera Barat masuk ke urutan 1 sebagai masakan terlezat di dunia.

Makanan super lainnya? Vita merujuk pada soto dan sate Padang. Selain kaya bumbu serta citarasanya yang nendang di lidah, dua kuliner itu telah masuk daftar 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI). 

PADANG - Keputusan untuk mendorong Nasi Padang masuk sebagai nominator World’s Best Halal Culinary Destination 2016 sudah sangat tepat. Brilian. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News