Sekjen DPD Hadir di Istana dengan Pakaian Adat Jawa

Sekjen DPD Hadir di Istana dengan Pakaian Adat Jawa
Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sudarsono Hardjosoekarto. Foto: Biro Pemberitaan DPD

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPD RI Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto mengadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka, Kamis (17/8). Presiden Joko Widodo menjadi inspektur pada upacara itu.

Pada kesempatan itu, Sudarsono menggunakan baju adat Jawa lengkap dengan belangkonnya. Memang, perayaan HUT ke-72 kali ini berbeda dengan perayaan sebelumnya. 

Biasanya, tamu undangan diminta untuk mengenakan pakaian sipil lengkap atau setelan jas. Namun, kini para tamu diminta untuk mengenakan pakaian adat tradisional.

Sekjen DPD Hadir di Istana dengan Pakaian Adat Jawa

Sekjen DPD RI Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto di halaman Istana Merdeka, Kamis (17/8). Foto: Pemberitaan DPR

Dalam surat undangan, Istana Kepresidenan meminta tamu serta pejabat negara untuk mengenakan baju adat dari suku-suku yang ada di Indonesia. Hal itu juga sebagai ciri kekayaan bangsa dan rasa nasionalisme.

Sedangkan Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat dari daerah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Bajunya menyerupai jas berwarna hitam, ditambah kain songket dan tutup kepala.

Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Minang berwarna merah, juga lengkap dengan tutup kepalanya.(adv/jpnn)


Sekretaris Jenderal DPD RI Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto mengadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News