Sekolah Jangan Lupa Isi PDSS Untuk Syarat Daftar SNMPTN

Sekolah Jangan Lupa Isi PDSS Untuk Syarat Daftar SNMPTN
Siswa-siswi SMA. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Per tanggal 4 Januari lalu, prosedur pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) untuk pendaftaran SNMPTN telah dibuka.

Proses ini menentukan pendaftaran SNMPTN yang bisa dimulai pada awal Februari mendatang.

Terpantau di SMA Negeri 16 Surabaya, pengisian PDSS belum sepenuhnya dilakukan, lantaran menunggu nilai siswa kelas 12 dari semester 1-5 masuk seluruhnya.

Namun, pihak sekolah memastikan pengisian PDSS bisa diselesaikan secepatnya. Ridwan, Waka Kurikulum SMA Negeri 16 Surabaya menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan lembaga psikologi untuk memberikan arahan terkait jurusan yang bisa dipilih siswa pada SNMPTN.

Setidaknya bisa menyebar di beberapa universitas agar peluang diterima bisa lebih banyak.

"Pihak sekolah pun menargetkan paling tidak ada seperempat siswa bisa diterima melalui jalur SNMPTN. Meskipun kuota penerimaannya hanya 20 persen," kata Ridwan, Waka Kurikulum SMAN 16 Surabaya.

Sejauh ini pengurangan kuota penerimaan SNMPTN dianggap tidak memberatkan siswa. Lantaran justru bisa memberikan peluang diterima dari jalur SBMPTN lebih banyak.

Tahun lalu jumlah siswa SMAN 16 yang diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 31 siswa, menurun dari tahun 2017 sebanyak 44 siswa.

Sejauh ini sekolah menganggap pengurangan kuota penerimaan SNMPTN tidak memberatkan siswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News