Sekretaris Ditjen PAS Bertemu Djarot Bahas Pembangunan Lapas di Ciangir

Sekretaris Ditjen PAS Bertemu Djarot Bahas Pembangunan Lapas di Ciangir
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami menggelar pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Jakarta, Jumat (21/7).

Keduanya membicarakan mengenai kapasitas lembaga permasyarakatan atau rumah tahanan wilayah DKI yang sudah kelebihan kapasitas.

Sri mengatakan, pihaknya menindaklanjuti pinjam pakai lahan di Ciangir, Kabupaten Tangerang. Dari 2006, Pemerintah Provinsi DKI mempunyai lahan Ciangir.

"Kami mengajukan kalau boleh dipergunakan oleh kami, karena Rutan Salemba sudah padat dan pada akhirnya tidak bisa untuk pembinaan warga binaan," kata Sri di Balai Kota.

Dia menyatakan, Rutan Salemba sudah over kapasitas. Jumlah tahanan sekarang sudah lima ribu lebih, padahal kapasitasnya sekitar dua ribu.

Karena itu, pelayanan dan pembinaan tidak bisa dilakukan dengan baik. Bahkan, Sri menambahkan, bisa saja ada penyimpangan dan pelanggaran HAM.

Setelah pembangunan di Ciangir selesai, Sri menjelaskan, narapidana yang selama ini tidak produktif bakal ditempatkan di sana.

Narapidana yang dipindahkan dilatih terlebih dahulu, sehingga bisa bersosialisasi dengan masyarakat. ‎Setelah dipindahkan, mereka bekerja di lahan pertanian dan peternakan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami menggelar pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Djarot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News