Selain Fadli Zon dan Adian Napitupulu, Isbudi Widuri juga Populer di Bogor

Selain Fadli Zon dan Adian Napitupulu, Isbudi Widuri juga Populer di Bogor
Isbudi Widuri (kiri). Foto: Istimewa

jpnn.com, BOGOR - Sejumlah calon anggota legislatif di Kabupaten Bogor Jawa Barat tak terlalu masif memanfaatkan media massa dan juga media sosial sebagai tempat sosialisasi guna meraih simpati publik.

Hanya beberapa caleg yang betul-betul fokus menggarap media tersebut sebagai instrumen kampanye. Efeknya cukup signifikan. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan dalam hasil riset Madani Komunika Institute (MKI) terkait Optimalisasi Media Sosial dalam Kampanye. Mulai dari 12 Maret-11 April 2019.

Direktur Eksekutif MKI, Muhammad Dezan mengatakan, riset melihat kecenderungan seberapa besar media memberitakan para caleg DPR RI Dapil Kabupaten Bogor. Termasuk penyebarannya via media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dan Pinterest. “Kami menggunakan tools Buzzsumo,” ujar Dezan melalui keterangan pers yang diterima redaksi, Jumat (12/4).

Menurut hasil survei MKI, Fadli Zon, Adian Napitupulu, dan Isbudi Widuri menempati posisi teratas. Ketiganya sama-sama petahana. Khusus Isbudi, dia adalah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat perempuan, dua periode.

(Baca Juga: PKS Janji Hapus Pajak Sepeda Motor & Dorong SIM Seumur Hidup)

Total pemberitaan Fadli Zon selama sebulan ini mencapai 1.352 berita dengan total 859.439 share di medsos. Selanjutnya Adian Napitupulu 146 berita dengan share di medsos sebanyak 26.046.

“Untuk Isbudi ada 48 berita terindeks dengan tingkat share mencapai 1100. Fadli Zon sendiri memang tertinggi karena kiprahnya di Senayan cukup aktif, termasuk di beberapa stasiun televisi. Jadi media darling seperti Adian,” jelas dia.

Dezan mengungkapkan, selain Fadli Zon dan Adian Napitupulu, alasan mengapa nama Isbudi meroket lantaran dilatari beberapa faktor. Pertama soal pemberitaan isu Jonggol.

Fadli Zon, Adian Napitupulu, dan Isbudi Widuri menempati posisi teratas dalam ranking optimalisasi medsos dalam kampanye Pileg di Kabupaten Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News