Selamat Natal, Mari Galang Solidaritas demi Korban Tsunami

Selamat Natal, Mari Galang Solidaritas demi Korban Tsunami
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan sekretaris jenderalnya, Hasto Kristiyanto dalam Sekolah Partai untuk calon kepala daerah dari PDIP di Depok, Jawa Barat, Minggu (28/1). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan mengirimkan relawan dan logistik untuk membantu korban terdampak tsunami di Banten dan Lampung. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu itu telah mengerahkan kadernya yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) untuk bergotong royong di lokasi bencana.

“Dapur umum pun sudah kami buat di beberapa titik. Ibu Megawati Soekarnoputri turun tangan secara langsung, termasuk mengoordinasikan bantuan khususnya bagi perempuan dan anak-anak,” ujar Hasto, Selasa (15/12).

Hasto menambahkan, Megawati punya perhatian besar kepada pada korban tsunami Selat Sunda. “Mengingat beberapa kali Ibu Megawati sudah mengingatkan bahaya Anak Krakatau," tuturnya.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, para anggota Baguna sudah digembleng secara khusus oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) dan punya pengalaman saat dikerahkan di berbagai lokasi bencana. Karena itu Hasto menegaskan, Baguna akan bekerja penuh untuk kemanusiaan. “Tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya," tegasnya.

Politikus asal Yogyakarta itu mengharapkan seluruh masyarakat bisa semakin bersatu, terutama untuk membangun kesadaran bersama terhadap berbagai kemungkinan bencana alam. Menurtutnya, sangat penting bagi semua pihak untuk menguatkan sistem deteksi dini dan mitigasi bencana sebagai upaya meminimalkan jumlah korban.

"Misi penyelamatan dan mengurangi korban inilah yang menjadi spirit Natal. Sebab, Natal adalah perjuangan mencintai kehidupan," jelas dia.

Hasto juga mengharapkan momentum Natal mejadi jalan memperkuat solidaritas kebangsaan dan komitmen kemanusiaan, terlebih  bagi bangsa Indonesia yang sedang berduka akibat bencana tsunami di Banten dan Lampung.  "Solidaritas Natal dengan demikian ditujukan untuk secepatnya membantu korban bencana tsunami tersebut," tandas dia.(tan/jpnn)


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengharapkan spirit Natal menjadi momentum untuk menggalang solidaritas demi membantu para korban tsunami Selat Sunda.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News