Sempatkan Bersepeda dan Antar Cucu Sekolah Sebelum Dilantik

Sempatkan Bersepeda dan Antar Cucu Sekolah Sebelum Dilantik
Prof., Dr., Djohermansyah Djohan, MA mengantar cucunya sekolah jelang dilantik menjadi Pj Gubernur Riau. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com - Prof., Dr., Djohermansyah Djohan, MA resmi memimpin Provinsi Riau, usai dilantik Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sebagai Penjab Gubernur Riau, Kamis (21/11) di Jakarta. Bagaimana kesehariannya dan apa persiapan saat pindah tugas, dari orang nomor satu di Dirjen Otda Kemendagri ke Kantor Gubri?

Laporan: Afni Zulkifli-JPNN

Suasana kampus Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IIPDN), jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, masih sepi. Jam baru menunjukan pukul 05.30 WIB. Tidak ada yang terlihat istimewa dari rumah nomor B/01 tersebut. Rumah dinas yang terletak di belakang Mesjid IIPDN itu hampir sama bentuknya dengan rumah dinas dosen lainnya di lingkungan yang sama.

Di rumah dinas sederhana itulah selama hampir 24 tahun terakhir, Djohermansyah bersama keluarganya tinggal. Guru besar IIPDN itu memang lebih memilih tinggal di rumah dinas dosen, meski kini statusnya sebagai pejabat eselon I di Kemendagri.

“Lebih nyaman di sini. Betah. Suasana asri dan tenang. Apalagi saya dulu juga alumni di sini dan masih mengajar juga,” kata Djohermansyah yang akrab disapa Pak Djo.

JPNN memang diterima secara khusus Pak Djo untuk datang kerumahnya sejak pagi, jelang dilantik menjadi Pj Gubri. Saat diajak masuk ke lingkungan rumahnya, terlihat suasana yang benar-benar sederhana namun asri. Meski tidak terlalu luas, rumah dinasnya ini ditata sedemikian rupa sehingga terlihat nyaman. Di pojok halaman bagian depan, terlihat sebuah pendopo berdiri cantik di atas kolam ikan.

“Hobi saya pagi-pagi ya memberi makan ikan. Dua cucu saya juga paling suka bermain di sini,” kata Pak Djo ditemani cucu pertamanya, Shaura Alindra Nurfazila (7).

Pak Djo pun lantas memulai olahraga pagi di atas pendopo. Sekitar jam 06.00 Wib, ia mengantar keberangkatan sang cucu yang dijemput mobil sekolah. Tak lama kemudian, alumni University of Hawaii, Honolulu, Amerika Serikat ini  mengambil sepeda kesayangannya.

Prof., Dr., Djohermansyah Djohan, MA resmi memimpin Provinsi Riau, usai dilantik Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sebagai Penjab Gubernur Riau,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News