Semua Kader Golkar Harus Dukung Rita Widyasari

Semua Kader Golkar Harus Dukung Rita Widyasari
Rita Widyasari. Foto: Kaltim Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Partai Golkar sudah memastikan mengusung Rita Widyasari sebagai calon gubernur pada PIlgub Kaltim 2018 mendatang.

Namun, masih ada sejumlah kader Golkar yang berpotensial maju di Pilgub. Antara lain Andi Sofyan Hasdam, Makmur HAPK, M Ghufron Yusuf, dan Adi Darma.

Seluruhnya, memiliki modal pernah menjadi kepala dan wakil kepala daerah di Kaltim. Ada pula pilihan lain, Mohammad Djailani, yang merupakan pensiunan birokrat.

Setelah peluang menjadi bakal cagub dari Golkar sudah tertutup karena menjadi milik Rita, kini pilihan paling realistis adalah berharap digandeng sebagai bakal cawagub. Dengan kondisi tersebut, artinya tak semuanya bisa terakomodasi.

Tak menutup kemungkinan, ada kader Golkar yang dipinang partai lain. Namun, aturan internal beringin rindang itu tak memberikan kesempatan.

Sesuai Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Nomor 6/DPP/GOLKAR/2016 tentang Tata Cara Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah, Golkar hanya mengeluarkan satu pasang calon dalam pilkada yang wajib didukung seluruh struktur partai dan kader.

Seluruh kader harus mengamankan dan mendukung keputusan dewan pimpinan pusat (DPP).

“Kalaupun ada (kader maju di luar Golkar), tentu Golkar bangga. Kami terima kasih ke partai lain. Tapi, ada mekanisme, aturan partai yang harus dipenuhi,” ujar Abdul Kadir, sekretaris DPD Golkar Kaltim, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Partai Golkar sudah memastikan mengusung Rita Widyasari sebagai calon gubernur pada PIlgub Kaltim 2018 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News