Senangnya Warga Desa Dapat Bantuan Fasilitas MCK

Senangnya Warga Desa Dapat Bantuan Fasilitas MCK
Bantuan fasilitas MCK untuk warga desa di Kecamatan Sarenang, Serang, Banten. Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com - SERANG--Masyarakat desa di Kecamatan Carenang, Serang, Banten, bisa bernapas lega. Mereka kini tidak kesulitan untuk mencari fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) umum yang memang tidak tersedia di desa.

Bantuan sembilan unit sanitasi umum berupa fasilitas MCK Umum yang diserahkan melalui program kerja sama unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Indah Kiat Pulp & Paper Serang yang bermitra bersama Habitat for Humanity (HfH) ini memang sangat dibutuhkan warga.

“Alhamdullilah, saya sangat bersyukur sekali pertama-tama kepada Allah SWT, karena sudah disediakan MCK ini. Saya sudah tiga bulan pakai MCK Umum di sini. Sebelumnya kalau mau buang air kita di mana saja, kalau sekarang sudah sangat nyaman bisa pakai MCK,” ujar Muinah, 57, warga yang tinggal di Kampung Ragas Ilir, Rabu (21/12).

Dia mengaku senang meski jarak MCK 15 menit dari rumahnya dengan berjalan kaki.

‎Kepala CSR Indah Kiat Serang, Dani Kusumah menjelaskan, ide fasilitas sanitasi umum ini berawal pada 2005 lalu, saat Indah Kiat mengadakan penyuluhan tentang kebersihan ke sekolah-sekolah sekitar pabrik.

Ketika berbicara tentang kesehatan, di sekolah tersebut bahkan tidak memiliki toilet sebagai bagian dari kebersihan itu sendiri. Dari situlah perusahaan berencana membangun fasilitas toilet.

Melalui kemitraan ini, pembangunan fasilitas MCK Umum sudah terlaksana dari tahun 2014-2015 di tujuh lokasi Kecamatan Carenang, yaitu di Kampung Sukamulya, Toyek, Ragasmasigit, Hilir, Ragasmasigit II, Ragastegal, Ragasmasigit III.

Kegiatan dilanjutkan tahun berikutnya periode 2015-2016, di Kampung Ragas Ilir dan Onjong. Masing-masing kampung mendapatkan tiga unit MCK Umum yang bisa digunakan oleh sekitar 40 warga setempat.

SERANG--Masyarakat desa di Kecamatan Carenang, Serang, Banten, bisa bernapas lega. Mereka kini tidak kesulitan untuk mencari fasilitas MCK (mandi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News