Senapati Nusantara Pilih Hasto Jadi Sekjen

Senapati Nusantara Pilih Hasto Jadi Sekjen
TOSAN AJI: Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) yang terpilih menjadi sekjen Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) dalam musyawarah nasional di Bantul, Yogyakarta, Minggu (26/2). Foto: Senapati Nusantara for JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto punya jabatan baru. Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) menunjuk pria asal Yogyakarta itu sebagai sekretaris jenderal.

Hasto secara aklamasi terpilih sebagai sekjen Senapati Nusantara 2017-2021 dalam musyawarah nasional di Bantul, Yogyakarta, Minggu (26/2). Sekjen Senapati Nusantara merupakan posisi tertinggi di paguyuban penggemar dan kolektor keris itu.

Hasto pun mengucapkan terima kasihnya atas kepercayaan dari Senapati Nusantara yang menunjuknya sebagai sekjen. Apalagi keris bukan sekadar sebagai kekayaan nusantara, tetapi sudah diakui dunia.

"Keris dengan segala unsur filosofi di dalamnya telah diakui oleh UNESCO sebagai karya agung warisan budaya dunia," kata Hasto dalam pidatonya usai didaulat menjadi sekjen.

Selanjutnya, Hasto langsung membentuk formatur kepengurusan Senapati Nusantara 2017-2021. Mantan bupati Bantul yang juga politikus PDIP, Idham Samawi dipercaya sebagai ketua dewan pembina Senapati Nusantara.

Selain itu, Hasto juga merasa terpanggil mewujudkan kebudayaan yang berkepribadian sebagaimana tertuang dalam gagasan Bung Karno tentang Trisakti. Menurutnya, perlu kerja sama antara pemerhati tosan aji dengan pemerintah untuk melestarikan keris dan membuatnya semakin mendunia.

"Kami mendorong kerjasama strategis dengan pemerintag dan pemerhatu tosan aji sehingga hasil proses kebudayaan ini bisa dilestarikan dan dipamerkan bersifat nasional," ucapnya.(ysa/rmol)


Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto punya jabatan baru. Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) menunjuk


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News