Senator Mervin Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong

Senator Mervin Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong
Anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat Mervin Sadipun Komber (keempat dari kanan) saat bertemu masyarakat petani di Kampung Sekru Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Foto: Dok.pri for JPNN.com

jpnn.com, FAKFAK - Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat Mervin Sadipun Komber mengajak warga masyarakat untuk berkebun dengan cara memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah. “Saya mengajak para pemuda berkebun dan memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman pangan,” kata Mervin saat bertemu masyarakat petani di Kampung Sekru Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pekan lalu.

Menurut Mervin, kemandirian pangan diwujudkan dengan peran serta masyarakat dalam menjaga ketersediaan pangan. Caranya adalah memanfaatkan lahan yang ada melalui bertani dan berkebun.

Mervin yang dijuluki Senator Cenderawasih ini juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman untuk kebutuhan pangan sehari hari seperti rempah rempah dan apotik hidup.

Mervin berharap masyarakat ikut menjaga kemandirian pangan melalui pemanfaatan lahan lahan tidur. Pemanfaatan lahaan tidur dimaksudkan agar keluarga tersebut mampu menghasilkan pangan untuk memenuhi kebutuhan makan keluarganya melalui berkebun. Bahkan jika berkelimpahan dapat dipasarkan untuk ikut membantu keuangan keluarga.

Usai berdiskusi dengan masyarakat, Senator Mervin berkesempatan melihat perkebunan masyarakat yang telah siap panen seperti durian dan pala. Turut serta dalam rombongan tersebut, Kepala Desa Mandopma Fakfak Lamekh Horik.

Lamekh berjanji akan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan melalui keterlibatan PKK dan para pemuda di kampung.

Sementara tokoh masyarakat Sekru, Rakib Duma Biarpruga menyampaikan terima kasih kepada Senator Mervin yang telah berkunjung ke Kampung Sekru. Kampung Sekru merupakan salah satu Kampung di Distrik Fakfak. Kampung ini terkenal karena merupakan tempat pertama kali agama Katolik masuk di Tanah Papua pada 23 Mei 1892.

Kata Sekru berasal dari kata SAECULORUM yang merupakan akhir doa Pastor Le Cocq SJ yang mendarat di Sekru.(fri/jpnn)


Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat Mervin Sadipun Komber mengajak warga masyarakat untuk berkebun dengan cara memanfaatkan lahan


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News