Seperti ini 3 Strategi Penanganan Macet di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Seperti ini 3 Strategi Penanganan Macet di Ruas Tol Jakarta-Cikampek
Macet. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembatasan operasional kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Cikampek saat ini tengah dikaji oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Dari hasil kajian BPTJ, ada beberapa trobosan rekayasa lalu lintas yang telah dikoordinasikan dengan Binamarga, Korlantas, BPJT, Jasamarga, dan Operator Angkutan Umum.

Kepala BPTJ Bambang Prihantono mengatakan, hasil koordinasi tersebut telah disepakati ada tiga strategi penanganan macet yang bisa diterapkan pada ruas jalan tol tersebut.

Ketiga strategi tersebut, yaitu konsep penerapan jalur khusus angkutan umum di ruas jalan tol Bekasi Barat-Semanggi, Re-routing angkutan barang dan penerapan ganjil genap di akses masuk tol Bekasi Barat.

"Saat ini kami tengah mengkaji sistem kendaraan nomor ganjil beroperasi pada tanggal ganjil, nomor genap pada tanggal genap. Itu khusus berlaku di akses masuk pintu tol Bekasi Barat mulai pukul 06. 00 - 09. 00 WIB," tutur Bambang.

Untuk mendukung pembatasan operasional kendaraan ganjil genap tersebut, perlu disediakan angkutan umum yang memadai dan tempat parkir di sekitar wilayah pintu tol Bekasi Barat antara lain di Mega Bekasi, Mall Metropolitan, Summarecon Bekasi dan Stadion Patriot.

"Dari hitung-hitungan kami, untuk antisipasi perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum, disediakan kira-kira 66 unit bus kelas premium," tandas Bambang.(chi/jpnn)


Pembatasan operasional kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Cikampek saat ini tengah dikaji oleh Badan Pengelola Transportasi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News