Sepertinya, Predikat Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Saja tak Cukup

Sepertinya, Predikat Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Saja tak Cukup
Syawaliah dan Samadi ketika menerima penghargaan sebagai guru berdedikasi dari Direktorat Sejarah Ditjen Kebudayaan Kemendikbud di Rumah Dinas Bupati Bengkalis. Foto: Sahrul Yunizar/JAWA POS

jpnn.com - Berjuang dengan fasilitas minim di pedalaman, Syawaliah dan Samadi adalah representasi ribuan guru di pedalaman yang butuh perhatian lebih dari pemerintah. Predikat pahlawan tanpa tanda jasa saja rasanya tak cukup untuk mereka.

SAHRUL YUNIZAR, Bengkalis

LUAS Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, 628,5 kilometer persegi. Nyaris sama dengan luas daratan Jakarta yang mencapai 661,52 kilometer persegi. Namun, jumlah sekolah di dua wilayah tersebut jauh berbeda.

Di Jakarta, jumlah sekolah mencapai ribuan. Namun, di Kecamatan Rupat Utara hanya ada 22 sekolah mulai tingkat SD, SMP, sampai SMA. Persebaran guru yang mengajar di wilayah itu pun minim.

Data PGRI Kabupaten Bengkalis mencatat, hanya 96 guru yang bertugas di kecamatan tersebut.

Syawaliah yang saat ini menjabat kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Rupat Utara salah satunya.

Kali pertama mengajar, Syawaliah terdata sebagai tenaga honorer di SDN 2 Tanjung Medang. ”Mulai 1989,” kata dia ketika membagikan kisah hidupnya kepada Jawa Pos di Bengkalis, belum lama ini.

Status honorer perempuan kelahiran 10 Desember 1968 itu memang tidak bertahan lama. Hanya dua tahun bertugas, dia sudah diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Berjuang dengan fasilitas minim di pedalaman, Syawaliah dan Samadi adalah representasi ribuan guru di pedalaman yang butuh perhatian lebih dari pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News