Serba-serbi Legalisasi Ganja Obat di Australia

Serba-serbi Legalisasi Ganja Obat di Australia
Serba-serbi Legalisasi Ganja Obat di Australia
Serba-serbi Legalisasi Ganja Obat di Australia

Hari Rabu (22/02/2017), Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt akan mengumumkan ganja sebagai obat dapat dijual di Australia, jika pasien mengunjungi dan meminta kepada dokternya. Apakah dengan itu, sekarang prosesnya menjadi lebih gampang?

Inilah beberapa fakta yang dikumpulkan oleh ABC untuk menjelaskan peraturan yang sudah ada di Australia berkenaan dengan penggunaan ganja untuk obat-obatan tersebut.

Darimana asal ganja obat sebelumnya?

Sejumlah dokter mungkin sudah lebih dahulu mengimpor obat berbasis ganja, tapi mereka melakukannya berdasarkan kasus per pasien.
Importasi ganja obat semacam ini melibatkan proses persetujuan yang panjang baik dari pemerintah negara bagian dan otoritas obat-obatan Australia atau ‘Therapeutic Goods Association’, yang akan mempersyaratkan dokumen yang menguraikan bukti dan manfaat potensial, dan itu juga amat bergantung pada ketersediaan obat di luar negeri.
Karena itu, beberapa pasien harus menunggu berbulan-bulan sebelum mereka benar-benar menerima pengobatan mereka.
Sampai sekarang lebih mudah untuk mengimpor ganja obat dari pemasok internasional yang telah disetujui, yang berarti produk ganja obat akan dapat diimpor dalam jumlah besar dan disimpan digudang di Australia sampai diperlukan.
Menteri Kesehatan Greg Hunt mengatakan aturan impor akan dilonggarkan sampai ada industri ganja obat di Australia dimana itu sangat bergantung pada pemenuhan permintaan.
Proses itu bisa jadi akan memakan waktu: hukum yang memungkinkan budidaya ganja obat di Australia baru mulai diberlakukan pada bulan Oktober tahun lalu, dan lisensi pertama untuk budidaya ganja obat swasta baru dikeluarkan pekan lalu.

Dimana ganja obat dilegalkan?

Pemerintah Federal
Penggunaan ganja obat masih ilegal dan hanya tersedia melalui uji coba dan skema akses khusus terbatas.

Tapi, awal tahun ini, Pemerintah Federal mengeluarkan undang-undang legalisasi budidaya ganja untuk tujuan pengobatan.

Queensland
Dokter-dokter di Queensland dalam waktu dekat akan dapat meresepkan ganja obat untuk pengobatan pasien mereka.

UU baru akan memberikan hak kepada dokter spesialis tertentu termasuk dokter spesialis kanker, dokter spesialis syaraf anak dan dokter spesialis perawatan paliatif untuk meresepkan ganja obat mulai Maret 2017.

Dokter lainnya akan bisa mengajukan permohonan kepada otoritas Kesehatan Queensland untuk mendapatkan izin memberikan resep ganja obat bagi pasien dengan kondisi tertentu.

Hari Rabu (22/02/2017), Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt akan mengumumkan ganja sebagai obat dapat dijual di Australia, jika pasien mengunjungi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News