SEREM! Di Istana Merdeka Banyak Hantu, Mulai Noni Belanda Hingga Perempuan Keluar Sumur

SEREM! Di Istana Merdeka Banyak Hantu, Mulai Noni Belanda Hingga Perempuan Keluar Sumur
Ilustrasi Istana Merdeka. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - BANGUNAN tua peninggalan Belanda kerap kali menyimpan cerita mistis dari mulut ke mulut. Begitu pula dengan Istana Merdeka. Sudah berdiri sejak 142 tahun lalu, bangunan megah yang dulu bernama Istana Koningsplein itu juga ramai dengan cerita-cerita hantunya.

Seorang pekerja yang sudah hampir 17 tahun berada di Istana pun mengisahkan hal tersebut. Pekerja yang tak ingin disebutkan namanya itu mengatakan sejak dulu di pelataran depan Istana Merdeka ada yang bisa melihat bayangan seorang noni-noni Belanda mondar-mandir setiap larut malam.

"Pakai gaun zaman Belanda gitu. Teman saya yang pernah lihat, sampai takut, enggak berani lewat tengah malam," kata pekerja itu.

Bukan hanya itu, kata dia, suara anak-anak yang berlarian di lorong depan istana tersebut juga terdengar jelas pada malam hari.

Entah apa yang pernah terjadi di sekitar tempat itu zaman masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.W. van Lansberge. Namun, suara anak-anak itu terdengar sangat senang, riang. Pekerja itu menyebut terdengar juga suara derap langkah anak-anak berlarian dengan jelas.

Bukan hanya pekerja tersebut yang mendengar itu.

Menurutnya, mantan Ibu Negara, Ani Yudhoyono juga dikabarkan pernah mendengar suara anak-anak tersebut, saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat. Beredar kabar, kala itu, Bu Ani-sapaan karib Ibu Negara, bahkan meminta pindah karena takut mendengar suara-suara aneh.

"Pak SBY dan Bu Ani, kan, dulu tidur di Istana Merdeka. Namun, setelah itu enggak lama pindah ke Istana Negara yang belakang. Denger-denger cerita Bu Ani minta pindah karena itu, tetapi ada yang bilang karena mau renovasi aja makanya mereka pindah bukan karena diganggu hantu," kata sang pekerja.

BANGUNAN tua peninggalan Belanda kerap kali menyimpan cerita mistis dari mulut ke mulut. Begitu pula dengan Istana Merdeka. Sudah berdiri sejak 142

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News