Sering Buang Air Kecil Malam Hari? 3 Hal ini Bisa jadi Penyebabnya

Sering Buang Air Kecil Malam Hari? 3 Hal ini Bisa jadi Penyebabnya
Toilet. Foto: Pixabay

jpnn.com - Apakah Anda termasuk orang yang sering kencing atau beser pada malam hari? Tentu kebiasaan ini sangat menganggu waktu Anda saat sedang beristirahat. Biasanya kebiasaan ini diidentikkan dengan gejala diabetes mellitus.

Kondisi yang bikin sering buang air kecil

Seperti sempat disinggung sebelumnya, penderita diabetes memang cenderung sering buang air kecil. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, hal ini karena gula di dalam darah terlalu banyak sehingga menarik air. Akibatnya, pasien diabetes akan menjadi sering kencing di malam hari.

"Ini ditandai dengan keluhan banyak minum, banyak makan, banyak kencing terutama pada malam hari, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan tidak khas lainnya," ujar dr. Dyan Mega.

Tak cuma itu, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, menambahkan, beser juga sering dialami wanita yang baru saja melahirkan.

"Misalnya, bayinya itu besar dan wanita tersebut melahirkan secara normal, jadi ada kerusakan pada ‘rem’ yang ada di kandung kemih.”

“Jadi kalau ‘rem’ itu istilahnya blong, ia tidak bisa menahan kencing. Itu banyak terjadi pada malam hari,”tutur dr. Karin.

Nah, selain dua hal itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda sering buang air kecil, yaitu:

Tentu kebiasaan buang air kecil ini sangat menganggu waktu Anda saat sedang beristirahat. Biasanya kebiasaan ini diidentikkan dengan gejala diabetes mellitus.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News