Kamis, 19 Januari 2017 – 19:57 WIB

1 Arsenal v Man United 2

Setan Merah Belum Menyerah

Selasa, 24 Januari 2012 – 07:34 WIB
Setan Merah Belum Menyerah - JPNN.COM

SHARES
LONDON - Persaingan juara Premier League musim ini kembali mengerucut kepada duo Manchester. Itu setelah United mencatat kemenangan krusial 2-1 di kandang Arsenal kemarin dini hari WIB (23/1). Kemenangan itu menjaga persaingan dengan City yang menyisihkan peringkat ketiga Tottenham Hotspur 3-2 Minggu malam WIB (22/1).

Hingga pekan ke-22, United dan City masih terpaut tiga angka (51-54). Dengan liga masih menyisakan 16 laga, rivalitas duo Manchester masih akan ketat dan sengit. Apalagi kedua tim juga bakal bentrok pada 28 April mendatang di kandang City.
 
"Menang setelah City juga menang adalah sesuatu yang penting karena itu berarti kami berada di jalan yang benar," kata pelatih United Sir Alex Ferguson kepada Sky Sports.
 
Fergie -sapaan akrab Ferguson- tidak memungkiri apabila kemenangan di kandang Arsenal sangat vital. "Kini, satu dari empat away masif kami telah berhasil kami atasi," ujarnya.
 
Tiga away terjal lainnya adalah menantang Chelsea di Stamford Bridge (5/2), lalu bertandang White Hart Lane, kandang Totttenham (3/3), dan satunya, tentu saja, di kandang City. "Kami hanya butuh fokus dengan diri sendiri, bersikap positif, dan terus memelihara kepercayaan diri," jelas Ferguson.
 
Kapten United Patrice Evra setali tiga uang dengan Ferguson. Evra mengatakan, United sempat berada dalam tekanan setelah City mengalahkan Tottenham. Itu membuat gap melebar enam angka dan Setan Merah harus mengalahkan Arsenal untuk kembali menipiskan gap.
 
"Kami memang masih di belakang City, tapi yang terpenting kami tetap memelihara tren kemenangan. Saya percaya apabila setiap pemain dalam tim bekerja denan keras dan bermain dengan spirit Manchester United, akan sangat sulit mengalahkan kami," ucap Evra kepada Daily Telegraph.
 
Evra lalu mencontohkan kemenangan atas Arsenal. "Kami tangguh, tajam dan mencetak gol-gol cantik. Kami menginginkan untuk mengontrol permainan dan kami mendapatkannya. Di babak kedua, ada periode sekitar 15 menit Arsenal bermain bagus," jelas Evra.
 
United lebih dulu membuka skor melalui sundulan Antonio Valencia di akhir babak pertama. Arsenal membalas melalui bomber andalannya, Robin van Persie, pada menit ke-71. Tapi, gol Danny Welbeck di menit ke-81 membuat United berhasil men-double Arsenal musim ini. United menang telak 8-2 dalam pertemuan pertama di Old Trafford (28/8/2011).
 
"Danny (Welbeck) seharusnya bisa mencetak lima gol. Kami menciptakan beberapa peluang mengagumkan di babak pertama dan hanya mencetak dua gol cukup mengecewakan," tutur Ferguson.
 
"Kunci kemenangan kami adalah bagaimana kami terus menyerang melalui full back mereka," sahut Evra.
 
Ya, Arsenal sudah hampir sebulan terakhir bermain tanpa pemain spesialisasi full back. Cederanya Bacary Sagna, Kieran Gibbs, Andre Santos, dan Carl Jenkinson memaksa pelatih Arsene Wenger memasang Johan Djourou, Thomas Vermaelen, dan Laurent Koscielny silih berganti sebagai full back. Padahal, Djourou, Vermaelen, dan Koscielny posisi aslinya bek tengah.
 
Meski begitu, Wenger tetap bersikukuh ogah mendatangkan full back baru di sisa bursa transfer Januari. "Kami tidak perlu melakukannya. Belanja pemain bukan prioritas. Kami masih bisa berharap pemain yang cedera akan kembali lagi," tutur pelatih berjuluk The Professor tersebut. (dns)