Setelah Bom Katedral, Sekarang Masjid Filipina Dilempari Granat

Setelah Bom Katedral, Sekarang Masjid Filipina Dilempari Granat
Masjid di Zamboanga dilempari granat yang menyebabkan dua orang tewas dini hari tadi, Kamis (30/1). Foto: AP

jpnn.com, MINDANAO - Aksi teror kembali terjadi di Filipina. Dua orang tewas dan empat luka-luka akibat sebuah granat yang dilemparkan ke dalam masjid di Zamboanga, Mindanao, Rabu (30/1).

Insiden ini terjadi tiga hari setelah pengeboman di gereja Jolo yang menewaskan 21 orang. Jolo adalah wilayah yang berpenduduk mayoritas muslim. Sementara Zamboanga berpenduduk mayoritas Kristen.

BACA JUGA: Filipina Tuduh Abu Sayyaf di Balik Bom Katedral Jolo

Insiden-insiden itu mengikuti referendum 21 Januari yang sukses dan damai. Referendum itu menyetujui otonomi bagi sekitar 5 juta penduduk yang mayoritas Muslim di Mindanao dan sekitarnya.

Rencana pembentukan otonomi, yang bertujuan untuk mengatasi kemiskinan kronis, keterbelakangan dan kekerasan, tersebut didukung sebagian besar warga Filipina.

Akibat peristiwa ini, militer menyerukan persatuan di antara komunitas Mindanao dan mendesak publik untuk menahan diri dari spekulasi di media sosial yang dapat menyebarkan informasi yang salah. Komandan satuan tugas regional Kolonel Leonel Nicolas menekankan insiden itu bukan tindakan pembalasan.

Dewan Ulama Semenanjung Zamboanga mengutuk serangan di masjid sebagai tindakan iblis, tidak rasional, dan tidak manusiawi. Dia mendesak warga untuk waspada. (JPC)


Rumah ibadah kembali jadi sasaran aksi teror di Filipina. Sebuah granat dilempar ke dalam masjid di Zamboanga, Mindanao, Rabu (30/1) dini hari.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News