Shaesta Waiz, Pilot Perempuan Terbang Keliling Dunia Sendirian

Shaesta Waiz, Pilot Perempuan Terbang Keliling Dunia Sendirian
Shaesta Waiz setelah tiba di Bali Selasa (15/8). Foto: Made Dwija Putra/Radar Bali

jpnn.com - Berparas menarik dan berjiwa petualang. Itulah sosok Shaesta Waiz, perempuan asal Afghanistan yang melakukan terbang solo mengelilingi dunia.

MADE DWIJA PUTRA, Denpasar

SAAT ini Waiz sedang mewujudkan obsesinya berkeliling dunia sendirian dengan pesawat. Setelah 90 hari berkeliling dunia, pilot yang kini berusia 29 tahun itu mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, Selasa (15/8).

Perjalanan Waiz sejauh ini memang bukan pekerjaan mudah. Perlu keberanian dan tekad luar biasa untuk mampu mewujudkan misi tersebut.

Beruntung, perempuan pilot itu punya nyali hebat. Lulusan Embry-Riddle Aeronautical University di Amerika Serikat itu memulai misi penerbangan solonya dari Bandara Internasional Daytona Beach pada musim gugur 2016.

Dia terbang dengan pesawat Beechcraft Bonanza A36 bernomor registrasi N364ER. Total jarak penerbangan yang sudah ditempuh Waiz untuk mengelilingi lima benua seorang diri adalah 25.000 mil laut yang mencakup 18 negara selama 90 hari.

Karena itu, berbagai negara pernah dia kunjungi. Selain AS, negara lain yang pernah disinggahi Waiz adalah Kanada, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Mesir, Bahrain, Uni Emirat Arab, Oman, India, Sri Lanka, Thailand, Singapura, Australia, Kaledonia Baru, Samoa dan Kiribati.

Di Indonesia, Waiz tidak hanya singgah di Bali. Sebab, dia juga sempat singgah di Batam.

Berparas menarik dan berjiwa petualang. Itulah sosok Shaesta Waiz, perempuan asal Afghanistan yang melakukan terbang solo mengelilingi dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News