Siap-Siap, April Nanti Ada Tambora Menyapa Dunia

Siap-Siap, April Nanti Ada Tambora Menyapa Dunia
Tambora Menyapa Dunia. Foto: lombokpost.net

jpnn.com - jpnn.com - Event Tambora Menyapa Dunia bakal kembali digelar guna memperingati letusan dahsyat Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat (NTB). Rencananya, acara itu akan digelar di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB pada 12-16 April 2017.

Letusan dahsyat Tambora terjadi pada April 1815. Khusus peringatan 200 tahun letusan Tambora pada 2015 juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti mengatakan, sukses acara Tambora Menyapa Dunia lalu memang mendorong pemerintah Kabupaten Dompu untuk menggelarnya lagi. Kegiatan itu memang membangkitkan pariwisata di Dompu dan sekitarnya.

“Ini merupakan tonggak sejarah bagi sektor pariwisata di tiga daerah yakni Dompu, Bima, dan Sumbawa. Kegiatan ini menjadi peletak dasar pariwisata NTB," ujarnya.

Esthy menjelaskan, jika penyelenggaraan peringatan meletusnya Gunung Tambora menjadi kalender tetap pariwisata Kabupaten Dompu, maka hal itu akan membawa dampak positif. Terutama bagi para generasi muda di Dompu untuk meningkatkan kemampuan, ide dan kreativitas mereka dalam mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi setempat.

Selain Tambora, kata Esthy, di kawasan itu juga ada banyak potensi pariwisata. Misalnya, Pulau Satonda, mata air tawar di pesisir pantai, hingga Pulau Moyo yang sering dijadikan tempat berlibur pesohor dunia.

“Pulau Moyo meskipun tidak termasuk dalam administratif wilayah Kabupaten Dompu karena masuk Kabupaten Sumbawa, namun belum digarap secara optimal. Ini akan menjadi inspirasi bagi pemuda Dompu dalam mendorong tumbuhnya pusat-pusat ekonomi kreatif dan usaha baru bagi masyarakat sekitar," ungkap Esthy.

Dari event Tambora Menyapa Dunia diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan lebih banyak lagi sehingga potensi Sumbawa lebih dikenal. Untuk acara Tambora Menyapa Dunia 2017 atau peringatan 202 tahun letusan Tambora nanti akan ada pawai budaya yang melibatkan ibu-ibu dari Kabupaten Dompu berpakaian adat dari bahan sarung khas daerah.

Event Tambora Menyapa Dunia bakal kembali digelar guna memperingati letusan dahsyat Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat (NTB). Rencananya, acara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News