Siap-siap Rebutan Soft Supporter di Pilgub Jabar

Siap-siap Rebutan Soft Supporter di Pilgub Jabar
Pasangan calon peserta Pilkada Jabar mengambil nomor urut. Foto: Achmad Nugraha/Bandung Ekspres

jpnn.com, JAKARTA - Pertarungan empat pasangan kandidat Pilgub Jabar Juni 2018 diwarnai persaingan yang sangat ketat antara Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (RINDU) dan Deddy Mizwar –Dedi Mulyadi (Dua DM).

Berdasarkan analisis hasil survei terbaru dari Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) pasangan Rindu unggul dengan elektabilitas 38,0%. Sedangkan Dua DM sebanyak 36,6%.

Siapa yang akan menjadi pemenang, sangat tergantung kemana larinya suara pemilih cair, ragu dan belum menentukan pilihan (soft supporter) sebesar 39%.

Namun, potensi kemenangan tetap ada pada dua pasang, yaitu RINDU dan Dua DM.

Analisis itu terkait dengan preferensi pemilih dalam Pilkada Jawa Barat 27 Juni 2018 mendatang yang disampaikan kepada pers di Bandung Jabar.

Survei dilakukan pada 7 Juni – 14 Juni 2018 dengan menggunakan metode standard: multi stage random sampling, di mana seluruh pemilih Jawa Barat dipilih secara random dan wawancara tatap muka.

Jumlah responden 440, dengan margin of error sebesar 4.8%. Jika merujuk pada survei LSI Denny JA sebelumnya ( Maret 2018), kedua pasangan ini, RINDU dan Dua DM sama-sama mengalami penurunan.

Sebelumnya, Dua DM unggul tipis dengan 43,2% disusul RINDU dengan 39,3%. Pada survei terbaru ini, RINDU yang juga turun 1,3% mulai menyalip Dua DM yang turun sekitar 6%.

Dua pasangan dinilai dominan dan bersaing ketat di Pilgub Jabar yaitu Rindu dan Dua DM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News