Siap Terbitkan 32 Ribu Kartu Identitas Anak

Siap Terbitkan 32 Ribu Kartu Identitas Anak
Anak-anak. Ilustrasi Foto: Indopos/dok.JPNN.com

jpnn.com, MINAHASA TENGGARA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulut, siap menerbitkan 32 ribu Kartu Identitas Anak (KIA).

"Ini merupakan program pemerintah untuk menyiapkan identitas khusus bagi anak-anak dari usia 0 sampai 17 tahun. Mitra satu-satunya yang mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk menerbitkan KIA, berdasarkan presentasi penerbitan akte kelahiran yang mencapai 92,6 persen," jelas Kepala Disdukcapil David Lalandos.

Disdukcapil Mitra, lanjut dia, siap menerbitkan KIA bagi 32.000 anak dan akan melakukan perekaman di sekolah-sekolah.

"Pastinya kami akan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya bagi anak-anak mereka," tandasnya.

Bupati Mitra James Sumendap mengatakan, anak-anak di Mitra patut berbangga dengan adanya kartu identitas tersebut.

"Kalian (anak-anak) harus bangga karena sudah memiliki kartu identitas sendiri. Ini juga membuktikan jika Mitra lebih maju," ujarnya, dalam sambutan di depan ratusan siswa yang mengikuti peluncuran KIA, Rabu (17/5) kemarin.

Lanjut Sumendap, adanya kartu tersebut akan sangat membantu anak-anak di Mitra mendapatkan bantuan dan pelayanan dari pemerintah. "KIA ini membuat anak-anak bisa melakukan pengurusan beasiswa atau BPJS," pungkasnya.

Pada peluncuran tersebut Disdukcapil memberikan KIA secara simbolis kepada pada siswa, serta menyerahkan piagam penghargaan bagi para kepala desa dan lurah yang secara persentase tertinggi dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akte kelahiran.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulut, siap menerbitkan 32 ribu Kartu Identitas Anak (KIA).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News