Siapa Bilang Honorer K2 Sulit Daftar CPNS 2018? Ini Buktinya

Siapa Bilang Honorer K2 Sulit Daftar CPNS 2018? Ini Buktinya
Pelamar CPNS. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BKN (Badan Kepegawaian Negara) membantah kabar yang menyebut Panselnas mempersulit para tenaga honorer K2 (kategori dua) usia 35 tahun ke bawah untuk mendaftar CPNS 2018.

Data sampai Jumat (12/10) sore pukul 16.00 WIB menyebutkan jumlah honorer K2 yang daftar CPNS mencapai 6.218 orang.

Rekapitulasi sementara dari BKN menyebutkan total jumlah pembuat akun di website sscn.bkn.go.id mencapai 4.228.686 orang. Dari jumlah tersebut pelamar yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran ada 2.802.751 orang.

Khusus untuk pelamar kategori honorer K2, jumlah yang sudah membuat akun ada 7.556 orang. Dari jumlah tersebut 6.218 orang sudah menyelesaikan proses pendaftaran.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menuturkan skema pendaftaran bagi para tenaga honorer K2 memang berbeda dengan pelamar umum. Sebelum membuat akun di website sscn.bkn.go.id para tenaga honorer K2 itu memang diwajibkan untuk melakukan verifikasi ke Badan Kepegawaian Derah (BKN) setempat.

Di kantor BKD setempat, para tenaga honorer K2 itu melakukan verifikasi kartu tanda peserta ujian tes CPNS yang digelar 2013 lalu. Setelah mendapatkan tanda tangan verifikasi dari BKD, mereka baru bisa membuat akun di website sscn.bkn.go.id. ’’Sering kali eks tenaga honorer K2 mau buru-buru saja. Tanpa baca petunjuk (pendaftaran, Red),’’ jelasnya.

Ridwan menegaskan panduan pendaftaran untuk kelompok tenaga honorer K2, maupun kelompok pendaftar lainnya, sudah disajikan di website pendaftaran CPNS.

Dia mengatakan ketika tenaga honorer K2 sudah bisa membuat akun di website sscn.bkn.go.id, berarti proses verifikasi di BKD sudah selesai.

Ribuan Honorer K2 (kategori dua) usia 35 tahun ke bawah sudah berhasil mendaftar CPNS 2018, jadi tidak benar ada upaya mempersulit mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News