Siapa Kader PDIP Sekuat Tri Rismaharini?

Siapa Kader PDIP Sekuat Tri Rismaharini?
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Miftahudin/Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Hingga saat ini belum ada figur kuat di internal PDIP yang selevel Tri Rismaharini, untuk diajukan sebagai calon wali kota Surabaya di Pilkada 2010.

“Peta politik di internal PDIP untuk Pilwali nanti akan sangat berbeda dengan Pilwali lalu dikarenakan belum ada tokoh sekuat Wali Kota Surabaya Risma di internal PDIP, meski banyak kader potensial yang dinilai layak maju Pilwali,” kata Pengamat Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Agus Mahfud Fauzi, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Diprediksi suara di tingkatan DPC PDIP, DPD PDIP hingga DPP PDIP akan berbeda. Ditingkatan DPC, barisan PDIP sangat kuat, dan mereka merasa kader di tingkat bawah lah yang membesarkan partai.

“Sehingga mereka harus memiliki nama calon yang dipilih maju Pilwali Surabaya yakni Wisnu Sakti Buana Ketua DPC PDIP Surabaya,” urainya.

Hanya saja, mantan komesioner KPU Jatim tersebut, meskipun DPC PDI Perjuangan Surabaya telah ada calon tetapi belum juga sama dengan DPD dan DPP PDIP. Belum lagi ditambah tokoh-tokoh senior PDIP yang ternyata juga memunculkan calon lain, itu menunjukan pertarungan calon walikota di internal PDIP sendiri sangat sengit. Tentu keputusan akhirnya ada di tangan ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sebelumnya, Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya Syaifuddin Zuhri mengaku bahwa hingga sekarang masih Wisnu Sakti Buana kadidat kuat muncul. Sedangkan Puti Guntur Soekarno tidak memungkinkan. “Masak grade-nya turun. Nggak mungkinlah (Puti),” ujar politisi yang akrab disapa Ipuk itu.

Dukungan kepada Wisnu, disebutkan Ipuk, telah mengalir dari seluruh pengurus anak cabang (PAC). Dia dinilai paling tepat bisa menggantikan Tri Rismaharini dua tahun lagi. Tujuh tahun menjabat sebagai wakil wali kota memberikan pengalaman berharga tentunya. Wisnu yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya tersebut dianggap berkapabilitas memimpin Surabaya.

Ipuk menuturkan, Wisnu memiliki kekuatan di akar rumput. Bahkan Whisnu disebut sebagai kader yang mampu membuat solid hingga masyarakat bawah. “Kami sudah secara otomatis akan mencalonkan kader terbaik kami. Saya kira Pak Wisnu sangat layak dicalonkan dengan pengalamannya,” tandasnya. (bae/rtn)


Hingga saat ini dari PDIP baru ada nama Wisnu Sakti Buana yang dianggap layak menggantikan Tri Rismaharini.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News