Siapkan Rp 16 T Tekan 3 Juta Pengangguran

Akselerasi Penyerapan PNPM Mandiri

Siapkan Rp 16 T Tekan 3 Juta Pengangguran
Siapkan Rp 16 T Tekan 3 Juta Pengangguran
JAKARTA - Pemerintah membuktikan komitmennya untuk mengembangkan program kewirausahaan di sektor mikro. Saat ini pemerintah mempercepat penyerapan anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang dialokasikan sebesar Rp 16 triliun pada 2010 ini.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, PNPM kali ini membidik sektor kewirausahaan dengan slogan one village one product. Program itu dimaksudkan merangsang pertumbuhan kewirausahaan nasional. Targetnya, Indonesia ingin menjadi negara wirausaha terbesar di kawasan ASEAN. "Karena itu, setiap kementerian didorong mengalokasikan anggaran untuk mengembangkan kewirausahaan secara sektoral. Kemenakertrans saat ini mengembangkan model 200 desa produktif dengan bermacam varian produk kewirausahaan," ujar Muhaimin ketika dihubungi dari Jakarta kemarin (10/10).

Selain PNPM, dengan menggandeng perbankan nasional pemerintah menggerakkan sektor informal juga melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pinjaman lunak yang disediakan untuk KUR pada tahun 2010 ini mencapai Rp 100 triliun. Karena itu masyarakat juga harus proaktif untuk ikut terlibat dalam program pemberdayaan perekonomian nasional ini.

Dana segar tersebut, kata dia, harus mampu menggerakkan perekonomian pedesaan dan menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi. Muhaimin optimis bahwa pada 2014 Indonesia akan memimpin ASEAN dalam pertumbuhan ekonomi yang digerakkan oleh sektor wirausaha. "Khusus untuk TKI, Kemenakertrans sudah bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan dana KUR bagi keluarga TKI," ujar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

JAKARTA - Pemerintah membuktikan komitmennya untuk mengembangkan program kewirausahaan di sektor mikro. Saat ini pemerintah mempercepat penyerapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News