Siapkan Satelit Pendidikan, Kemdiknas Gandeng LAPAN

Siapkan Satelit Pendidikan, Kemdiknas Gandeng LAPAN
Siapkan Satelit Pendidikan, Kemdiknas Gandeng LAPAN
JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) beserta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah mempersiapkan satelit khusus pendidikan. Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli jalal mengatakan, pembuatan satelit pendidikan ini bertujuan untuk mendukung program E-Pendidikan.

"Sehingga ke depannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak hanya sekadar pembelajaran yang dipelajari, tetapi lebih jauh dapat dijadikan sarana pembelajaran. Di dalam satelit itu akan dimasukkan konten-konten materi pembelajaran,” ungkap Fasli kepada JPNN di Jakarta, Minggu (31/10).

Menurut Fasli, rencana pembuatan satelit yang sudah dibicarakan dengan pihak LAPAN itu memang masih dalam tahap negosiasi dengan pihak-pihak terkait. “Semua sudah dibicarakan.  Nampaknya pihak LAPAN juga menyetujui. Bahkan, saat ini pihak LAPAN juga tengah melakukan persiapan dengan belajar ke China, Perancis dan Amerika Serikat,” jelas  mantan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) ini.

Mengenai pembiayaan yang dipersiapkan untuk pembuatan satelit, Fasli mengaku belum mengetahui secara pasti. Sebab, saat ini masih dalam proses negosiasi. Tetapi jika dalam proses negosiasi itu besaran angka kebutuhannya sudah terlihat, akan segera dianggarkan. “Targetnya, akhir masa kabinet ini (2014) harus sudah terwujud,” imbuhnya.

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) beserta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah mempersiapkan satelit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News