Siapkan Stok Pantun, Ingin Kunjungi Istana Siak

Siapkan Stok Pantun, Ingin Kunjungi Istana Siak
Prof., Dr., Djohermansyah Djohan, MA. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri, Prof., Dr., Djohermansyah Djohan, MA, sebagai Penjabat Gubernur Riau. Guru besar  Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) ini sudah menyiapkan banyak agenda kerja. Apa saja? bagaimana profilnya? dan apa yang disiapkan jelang pelantikan yang akan dilakukan Mendagri Gamawan Fauzi, hari ini (Kamis (21/11)?

Laporan: Afni Zulkifli, JPNN-Jakarta

Sehari jelang pelantikan sebagai Penjab Gubernur Riau, Djohermansyah tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Sejak pukul 07.30 WIB, Rabu (20/11) ia telah menghubungi JPNN untuk bertemu di gedung Nusantara V, DPR RI. Namun tak lama berselang, sebuah pesan klarifikasi masuk.

“Maaf. Saya mendadak dipanggil Bapak Menteri (Mendagri). Kita bertemu di kantor Dirjen Otda saja ya. Jam 9-an,”.

Pengalaman kerjanya sebagai Humas di Pemprov Sumatera Barat (1988) dan  Media Adviser Komisi Pemilihan Umum pusat (tahun 1999), membuat sosoknya memang terkenal ramah pada kalangan media. Karena itu saat ditawari wawancara khusus oleh JPNN, lulusan terbaik Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) angkatan X, tahun 1984 ini langsung antusias menyanggupi.

Saat tiba di kantor Dirjen Otda, ada banyak orang yang juga sedang menunggu bisa bertemu. Setelah beberapa saat, ajudan Djohermansyah mempersilahkan JPNN untuk masuk ke ruang kerja peraih penghargaan Sarjana Adhi Praja ini.

“Ya beginilah aktivitas saya. Sibuk sejak pagi hingga malam. Tugas kerja saya membina sekitar 555 Pemerintah Kabupetan dan 34 pemerintah Provinsi. Jadi kalau ada 10 persen saja yang ingin berurusan dengan Dirjen Otda, maka saya bisa menerima 50-55 perwakilan daerah setiap harinya,” kata suami Yannidiarti memulai perbincangan.

Djohermansyah menceritakan terpilihnya ia menjadi Penjab Gubernur Riau, merupakan hasil usulan Kemendagri pada Presiden. Ada beberapa nama yang diusulkan, namun akhirnya pria kelahiran Padang, Sumatera Barat inilah yang dipilih oleh Presiden SBY. Penunjukan melalui Keppres ini menugaskan Djohermansyah memimpin Riau hingga hasil Pemilukada putaran kedua ditetapkan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri, Prof., Dr., Djohermansyah Djohan, MA, sebagai Penjabat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News