Siklon Debbie akan Masuk Kategori Empat, Warga di Dataran Rendah Dievakuasi

Siklon Debbie akan Masuk Kategori Empat, Warga di Dataran Rendah Dievakuasi
Siklon Debbie akan Masuk Kategori Empat, Warga di Dataran Rendah Dievakuasi
Siklon Debbie akan Masuk Kategori Empat, Warga di Dataran Rendah Dievakuasi

Bureau of Meteorology (BOM) menyatakan Badai siklon tropis Debbie terus meningkat dan telah memasuki kategori empat. Lembaga ini juga memperingatkan kemungkinan badai siklon Debbie akan melanda pesisir Queensland utara pada Selasa pagi.

Pelacakan peta yang dilakukan Bureau of Meteorology (BOM) memperkirakan badai siklon Debbie akan memasuki badai siklon tropis kategori empat antara Cape Upstart dan Cape Hillsborough, di utara Mackay, yang berjarak sekitar 970 kilometres dari Utara Kota Brisbane, sekitar pukul 8:00 pagi (28/3).
Mengantisipasi hantaman badai siklon Debbie ini, lebih dari 25.000 orang disarankan untuk mengungsi dari kawasan dataran rendah di Mackay sebelum tengah malam. Saran ini diterbitkan menyusul kekhawatiran badai siklon Debbie akan memicu genangan air hingga 2,5 meter di atas permukaan air ketika pasang.
Bureau of Meteorology (BOM) telah memperingatkan badai siklon debbie akan menjadi yang terburuk sejak Topan Yasi pada 2011, dan Menteri Utama Queensland, Annastacia Palaszczuk mengatakan badai siklon Debbie "lebih besar dari Marcia" – badai siklon tropis kategori lima yang melanda Queensland pada tahun 2015.

Siklon Debbie akan Masuk Kategori Empat, Warga di Dataran Rendah Dievakuasi
Badai siklon Debbie diperkirakan akan berdampak ke wilayah-wilayah terdampak dari Cardwell hingga St Lawrence.

Bureau of Meteorology


Komisaris layanan kepolisian Queensland, Ian Stewart mengatakan warga di Mackay yang berada di daerah dataran rendah harus sudah mengungsi pada tengah malam.
"Kisaran genangan mungkin sebanyak 0,8 meter di atas batas kenaikan air pasang tertinggi [HAT] atau skenario terburuknya 2,5 meter di atas HAT," kata Komisaris Stewart.
"Kami meminta orang-orang yang bisa keluar dari daerah-daerah dataran rendah untuk bergerak sekarang.

"Kami meminta warga untuk mengambil langkah pencegahan dan bergerak sekarang.
"Kami akan melakukan segala sesuatunya melalui layanan kedaruratan untuk berusaha dan mendukung serta memberi bantuan bagi warga…kami akan juga menyampaikan pesan-pesan untuk membantu warga yang rentan.”
Menteri Utama Queensland, Anastascia Palaszczuk mengatakan badai siklon Debbie meningkat intensitasnya.

Walikota Mackay dorong warga tetap bersama

Walikota Regional Mackay, Greg Williamson mengatakan sebanyak 25 ribu pesan dikirimkan ke warga yang tinggal di kawasan dataran rendah.
"Pesan itu mengatakan ‘berdasarkan informasi terakhir kami menyarankan anda untuk mengungsi ke rumah teman atau kerabat yang berada di wilayah lebih tinggi,” kata Walikota Williamson.

Bureau of Meteorology (BOM) menyatakan Badai siklon tropis Debbie terus meningkat dan telah memasuki kategori empat. Lembaga ini juga memperingatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News